Highlight

Tips Aman Tetap Bekerja di Pandemi COVID-19


Menekan potensi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) warga yang terdampak pandemi COVID-19, pemerintah bakal memberi kesempatan pada kelompok muda usia di bawah 45 tahun untuk tetap bekerja. 
Jika harus tetap bekerja, bagaimana kita terhindar dari COVID-19? Dikutip dari laman instagram Kementerian Kesehatan, Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan.
Pertama adalah para pekerja saat ke tempat kerja dan dari tempat kerja. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah memastikan anda dalam kondisi sehat. Jika ada keluhan batuk, pilek dan demam, maka tetap tetap tinggal di rumah saja.
Upayakan mengenakan pakaian lengan panjang, dan masker. Selanjutnya dengan mengupayakan tidak menggunakan transportasi umum. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, maka tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, upayakan tidak sering menyentuh fasilitas umum, dan gunakan handsanitizer, dan gunakan helm sendiri.
Upayakan membayar secara non tunai, dan jika terpaksa menggunakan uang, gunakan handsanitizer setelah menggunakanya. Tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan, jika terpaksa gunakan tisu bersih.
Kedua yang harus diperhatikan bagi pekerja di tempat kerja area publik. Pertama dengan memperketat penggunaan masker, menjaga jarak aman, dan sesering mungkin mencuci tangan dengan air sabun dan air mengalir, atau handsanitizer (4 jam sekali).
Ketiga pekerja di tempat kerja. Pertama saat tiba di kantor, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lif. Selanjutnya tidak berkerumun dan menjaga jarak di dalam lif, dengan posisi saling membelakangi. Untuk sementara tidak menggunakan absensi fingerprint.
Kemudian membersihkan meja atau area kerja dengan desinfektan, serta mengupayakan tidak menyentuh fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama di area kerja, gunakan handsanitizer.
Tetap menjaga jarak dengan rekan kerja minimal satu meter, mengusahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja. Lalu biasa tidak berjabat tangan, masker tetap digunakan, dan selalu menerapkan perilaku bersih dan sehat di tempat kerja.