Highlight

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Fokus Keanekaragaman Hayati

Setiap 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environmental Day (WED).  Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini untuk  meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.
Hari Lingkungan Hidup Sedunia diinisiasi oleh UN Environment Programme (UNEP) tahun ini terfokus pada Keanekaragaman Hayati
“Keanekaragaman hayati merupakan hal yang penting bagi penunjang kehidupan dan berperan sebagai indikator dari sistem ekologi dan  sarana untuk mengetahui adanya perubahan spesies,” kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim pada Badan Litbang dan Inovasi, KLHK Djati Witjaksono Hadi di akun Twitternya, Jumat (5/6/2020).
Keanekaragaman Hayati sendiri mencakup kekayaan spesies dan kompleksitas ekosistem, sehingga dapat memengaruhi komunitas organisme, perkembangan dan stabilitas ekologi.
“Kita harus menjaga ekosistem kita agar keanekaragaman hayati yang dimiliki dapat terjaga dengan baik dan meminimalkan penggunaan bahan beracun agar lingkungan tetap terjaga,” terangnya.