Highlight

Dijamin Pedes, Ini Resep Ceker Mercon Setan

Makanan pedas memang menjadi favorite banyak orang di dunia. Bahkan sekarang ini banyak banget bermunculan menu baru yang tingkat kepedasannya terbilang sering kali tidak masuk akal, meskipun begitu pecinta kuliner pedas tetap saja menyantap "makanan setan" tersebut.
Salah satu makanan pedas kekinian yang banyak diburu masyarakat adalah seblak, ceker mercon setan, ayam geprek dan masih banyak lainnya. Sangat mudah menemukan makanan super pedas tersebut, Anda bisa membelinya di kedai-kedai pinggir jalan atau memesannya secara online lewat aplikasi ojek online.
Namun jika anda bosan untuk membelinya, dan ingin membuat kreasi rasa terbaru sendiri dirumah, tentu sangat bisa dilakukan. Selain bahan-bahannya yang mudah di dapat anda dapat menjajalnya dengan cara yang begitu mudah dan cepat.
Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat "Ceker Mercon Setan" dirumah dengan cara paling mudah. Mau tahu?  Simak resepnya:
Bahan:
500 gram (gr) ceker, presto hingga empuk, sisihkan.
Bahan bumbu halus:
3 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 3 buah cabai keriting, 3 buah cabai merah, dan 20 buah cabai rawit (sesuai selera, jika ingin lebih pedas, silakan tambahkan).
Bahan bumbu lain:
2 centimeter (cm) jahe, geprek 3 cm lengkuas, geprek 1 batang serai, geprek 2 lembar daun salam dan 2 lembar daun jeruk, 1 sendok teh (sdt) gula merah sisir, 1 sdt kecap manis, 1 sdt air asam jawa, gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya.
Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus bersama jahe, lengkuas, serai, daun jeruk dan daun salam hingga harum dan matang, beri air secukupnya tunggu hingga mendidih.
2. Masukkan ceker yang sudah dipresto, bumbui dengan gula merah, kecap manis, air asam jawa, gula, garam, merica dan kaldu bubuk, koreksi rasanya.
2. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap, jika ingin kuahnya sedikit mengental tambahkan 2 sendok tepung maizena yang sudah dilarutkan air kedalam masakkan tersebut.
Ceker Mercon Setan pun siap anda sajikan bersama keluarga atau dapat juga anda jadikan camilan untuk menemani nonton film! Selamat mencoba!
sumber rri.co.id