Highlight

Ini Masker Alami Atasi Kulit Wajah Kering

Setiap wanita pasti inginkan kulit yang cerah, bersih dan cantik. Namun jika kulit wajah anda kering, apa anda akan percaya diri?
Kulit kering memang kerap membuat kita tidak percaya diri, selain itu kondisi kulit ini cukup mengganggu karena seringkali kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan gejala lainnya. Bagi beberapa orang yang memiliki alergi, kulit akan terasa lebih gatal, bruntusan, dan perih. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau pasti nantinya kulit anda sangat kering.
Kita tentunya memerlukan perawatan kulit untuk mengatasinya, mencoba-coba produk perawatan untuk kulit rasanyanya cukup berisiko. Eits, jangan khawatir karena banyak sekali perawatan alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.
Dikutip dari berbagai sumber, berikut masker wajah alami yang tepat untuk kulit kering. Apa saja?
1. Masker Kopi
Menurut Organic Authority, menggunakan kopi sebagai scrub untuk mengikis sel kulit mati bisa membuat tekstur wajah jadi halus. Tak hanya itu, bahan minuman berkafein ini juga bisa mengembalikan kelembaban alami kulit yang hilang.
Cara memakainya:
a. Siapkan 2 sdm kopi bubuk, 3 sdm susu, 2 sdm bubuk cocoa, dan 1 sdm madu.
b. Campurkan semua bahan, lalu oleskan ke wajah.
c. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih menggunakan air.
2. Masker Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga bagus untuk mengatasi kulit kering berkat kandungan asam lemaknya yang dapat melembabkan kulit. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sdm minyak kelapa murni, 1 irisan pisang masak, dan 3 tetes minyak esensial kemenyan. Setelah itu oleskan dan diamkan selama 20 menit lalu bilas.
3. Masker Mentega
Mentega sarat kandungan asam lemak dan vitamin A. Jika asam lemaknya bisa melembabkan kulit kering, lain halnya dengan vitamin A yang mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit. Selain itu, mentega juga bisa memberikan tampilan bersinar alami di wajah.
Anda tinggal mencampurkan 1 sdm mentega, 1 sdt madu (pilih yang raw dan unfiltered), serta ¼ sdt air lemon. Oleskan adonan ke wajah, diamkan 20-30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.
4. Masker Madu dan Garam Epsom
Madu merupakan bahan pelembab alami yang sarat antioksidan dan antimikroba. Sifatnya yang humektan mampu mengunci kelembaban secara alami.
Sementara menurut Taz Bhatia, MD, pendiri dan pimpinan medis Atlanta Center for Holistic and Integrative Medicine,”Garam Epsom mengandung mineral magnesium sulfat yang baik untuk merawat kecantikan.” Oleh karena itu, tak heran kalau masker ini sangat efektif mengatasi kulit kering ketika musim dingin tiba.
Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sdm madu dan 2 sdm garam Epsom, lalu gunakan untuk sebagai masker di wajah selama 30 menit.
5. Masker Lemon dan Gula
Kalau gula bisa membersihkan permukaan kulit dari kotoran sekaligus mengunci kelembaban, maka lemon bisa mencerahkan dan menghilangkan kusamnya.
Anda hanya perlu mengombinasikan 1 sdt gula dan perasan ½ buah lemon. Oleskan campuran ini sambil memijat wajah dengan gerakan melingkar, sesudah itu diamkan sekitar 15 menit sebelum membilas wajah menggunakan air hangat.
6. Masker Ragi
Ragi yang dipakai untuk membuat bir kaya akan kromium, selenium, protein, dan vitamin B, demikian ungkap pihak University of Maryland Medical Center. Tubuh perlu vitamin B agar tetap sehat, selain itu antioksidan ini juga bisa mencegah munculnya kerutan dan mengembalikan elastisitas wajah.
Gunakan masker ini kalau wajah tampak lelah. Caranya dengan mencampurkan beberapa ragi, 1 sdm madu, dan segelas susu. Kemudian oleskan pasta ke wajah, diamkan selama 15 menit, dan bilas sampai bersih.