Highlight

Mudah, Begini Cara Buat Face Shield Sendiri

Masa pandemi covid-19 sampai saat ini memang belum berakhir, namun prokol kesehatan dari pemerintah harus tetap dijalani agar kita terhindari dari wabah berbahaya, salah satu upaya yang wajib dijalankan ada;ah menggunakan masker. Namun ternyata bukan hanya masker yang digunakan banyak orang, sekarang ini orang menambahkan Face Shield untuk dijadikan pelindung wajah.
Face Shield merupakan alat pelindung wajah yang terbuat dari kertas mika bening yang diikatkan dikepala. Jika masker digunakan untuk menutupi hidung dan mulut, alat ini bisa digunakan untuk menutup wajah dari jidat sampai dagu. 
Namun, siapa sangka jika membuatnya sendiri dirumah juga dapat dilakukan. Jadi anda tidak perlu repot-repot membelinya diluar, karena bahan-bahannya sendiri juga mudah didapat. Apa saja? berikut cara membuatnya:
Bahan yang dibutuhkan:
- Kertas mika transparan atau bening yang cukup tebal
- Handuk kecil
- Lem super atau lem tembak
- Kertas 
- Washi tape atau selotip bermotif
- Gunting
Cara Membuatnya :
1. Siapkan kertas mika transparan ukuran A4. Gunting kertas karton atau kertas plastik sekitar 2 centimeter (cm) untuk digunakan sebagai frame atas. 
2. Lipat menjadi dua kertas karton dan tempel ke kertas mika. 
3. Buat lekukan pada bagian sudut kanan dan kiri bawah sehingga ujungnya tidak tajam. Kamu bisa menggunakan benda bulat seperti gulungan selotip sebagai acuan.
4. Gunakan alat pembuat lubang baju atau kertas untuk membuat lubang pada bagian kanan dan kiri atas. Lubang ini akan digunakan untuk membuat tali kepala nanti.  
5. Ambil handuk tipis ukuran kecil. Lipat kecil sebanyak tiga kali. 
6. Gunting bagian sisanya. 
7. Setelah itu lepas gulungan dan lem pada bagian ujungnya. Gulung lagi handuk dan pastikan gulungan kuat dan tidak copot.  8. Tempel pada bagian atas kertas mika. Hal ini dilakukan untuk menjadi bantal antara kepala dan face shield. 
9. Gunakan washi tape atau selotip kecil bermotif untuk menghias pinggir face shield. 
10. Ambil tali karet, masukkan ke lubang yang sudah disiapkan di langkah sebelumnya. Ikat tali dengan kencang dan pastikan panjang tali sudah sesuai dengan ukuran kepala. 
Setelah menerapkan proses diatas, maka dijamin face shield buatan sendiri tidak akan gagal.  Tidak perlu beli, Anda bisa buat face shield sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan tentunya sangat murah!

sumber rri.co.id