Highlight

Bagaimana Menabung dengan Pendapatan Hasil Rp3 Juta?

 Ketika anda mendapatkan gaji bulanan, mungkin hal yang anda pikirkan selanjutnya bagaimana agar dapat hidup dengan layak selama satu bulan ke depan? 

Terlebih, jika anda bekerja di DKI Jakarta, kota metropolitan yang mempunyai gaya hidup yang tinggi. Lantas, bagaimana cara anda mengelola gaji penghasilan Rp3 juta? Berikut caranya:

1. Alokasi dana dengan cerdas

Dikutip dari cekaja, cara mengelola gaji 3 juta yang pertama adalah dengan cara mengalokasikan penghasilan dengan cerdas. Adapun tips praktis dalam cara mengelola gaji 3 juta dengan formula 40-30-20-10, yang rinciannya bisa kamu lihat berikut ini:

1. Alokasikan 40 persen untuk biaya hidup sehari-hari dan pengeluaran rutin. Mulai dari kebutuhan biaya makan, air, listrik, pulsa, internet, transportasi dan lain-lain.

2. Alokasikan 30 persen untuk membayar cicilan dan tagihan. Hal ini bisa anda terapkan jika anda memiliki hutang berupa cicilan rumah, kendaraan, peralatan untuk kebutuhan hidup. Atau jika anda belum memiliki rumah sendiri, atau mungkin perantau, anda bisa menggunakan dana 30 persen ini untuk bayar kontrakan atau kost.

3. Alokasikan 20 persen untuk tabungan, simpanan, atau berinvestasi. Anda bisa membaginya dalam beberapa slot, karena anda bisa alokasikan ke tabungan, atau untuk investasi, atau berupa asuransi, bahkan anda bisa untuk menerapkan ketiganya.

4. Alokasikan 10 persen untuk donasi, berzakat, sedekah, atau melakukan kebaikan. Tidak hanya memberikan sedikit penghasilan anda ke orang lain, memberikan sebagian dari pendapatan kepada orang tuamu sendiri, juga termasuk kebaikan. Di sini angka 10 persen bukan sesuatu angka yang wajib, karena jika memang pendapatan anda masih belum mencukupi untuk bersedekah, mungkin presentase angkanya bisa kurangi, atau memberilah sesuai dengan kemampuan.

2. Sisihkan dana darurat

Cara mengelola gaji 3 juta agar anda tetap bisa hidup layak di Jakarta selanjutnya adalah dengan menyisihkan dana darurat. Dana ini akan sangat berguna, jika suatu saat anda jatuh sakit, kecelakaan, menjadi korban bencana, atau mungkin jika anda tiba-tiba di PHK dari tempat bekerja.

Untuk angkanya, anda bisa sesuaikan dan perhitungkan sendiri. Minimal, dana darurat ini mampu menalangi kebutuhan hidup anda selama 2-3 bulan ke depan. Sehingga, setidaknya jika dalam sebulan anda menghabiskan dana Rp2,5 juta untuk bertahan hidup, berarti anda harus memiliki dana darurat yang harus diendapkan sekitar Rp5-7.5 juta.

Dalam hal ini juga anda harus konsisten, bahwa uang endapan tersebut tidak boleh anda gunakan untuk keperluan lain, selain untuk hal-hal yang darurat.

3. Sisihkan tabungan di awal bulan

Berikutnya, cara mengelola gaji 3 juta agar anda tetap bisa sukses finansial adalah tetapkan tekad untuk selalu menyisihkan tabungan di awal gajian. Artinya, ketika waktu gajian tiba, yang harus anda lakukan pertama kali adalah memisahkan uang tabungan dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Nah, agar uang tabunganmu tidak tercampur dengan dana lainnya, anda bisa pisahkan dengan menyimpan uang tabungan di rekening lain. Anda bisa membuat rekening lebih dari satu, yang dikhususkan untuk tabungan saja. Untuk rekening tabungan, usahakan pilih rekening yang bebas biaya administrasi dan tidak memiliki kartu ATM.

4. Hidup irit dan sederhana

Cara mengelola gaji 3 juta, ternyata bisa dilakukan secara sederhana juga loh, yakni dengan cara hidup irit. Irit bukan berarti pelit ya. Karena hidup irit di sini adalah dengan memanfaatkan hal-hal yang ada untuk membantu menjaga finansial anda tetap utuh.

Misalnya, dengan cara membawa bekal ke kantor. Selain lebih sehat, membawa bekal juga bisa mengurangi pengeluaran untuk konsumsi. Karena, makanan bikinan sendiri tentunya akan lebih murah ketimbang makanan beli di luar, dan tentunya lebih higienis juga.

Selanjutnya, hidup irit dengan cara menggunakan transportasi umum kota. Karena saat ini fasilitas trasportasi umum sudah sangat nyaman, murah, dan bisa terintegrasi dengan transportasi lainnya. Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, anda juga telah mengurangi tingkat kemacetan, dan polusi udara di kota.

5. Mempunyai pekerjaan sampingan

Cara mengelola gaji 3 juta selanjutnya, anda bisa mencari pekerjaan tambahan atau sampingan, selain dari pekerjaan utama. Hal tersebut dilakukan untuk, membantu memenuhi kebutuhan finansial yang masih belum sempurna.

Anda bisa mencari pekerjaan part time, di malam hari, atau pekerjaan freelance yang bisa anda kerjakan di rumah ketika sedang libur kerja, dan lain-lain. Atau bahkan anda juga bisa sambil berdagang atau berbisnis kecil-kecilan.

sumber rri.co.id