Highlight

Antisipasi Resesi, Berikut Ide Usaha Rumahan Kekinian

 Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah masih berusaha keras menjaga perekonomian Indonesia tetap baik di tengah resesi yang menghantam negara tetangga.

Di tengah pandemi virus Corona banyak negara yang sudah masuk jurang resesi mulai dari negara maju hingga berkembang. Negara tetangga Indonesia yang resmi resesi antara lain Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Untuk mengantisipasi keadaan seperti diatas alangkah baiknya anda segera memulai bisnis atau ide usaha. Apalagi, saat ini bisnis banyak diminati atau digeluti oleh banyak orang.

Namun, mengingat ide usaha rumahan kekinian perlu persiapan yang matang, maka anda harus melihat beberapa potensi bisnis keuntungan yang maksimal. Apa saja ide bisnisnya, berikut rangkumannya yang dikutip dari berbagai sumber?

1. Ayam Geprek

Dalam kondisi ekonomi di tengah pandemi banyak usaha yang mengalami kebangkrutan. Namun ternyata ada sebuah bisnis yang terus berkembang. Apa itu? Ya, bisnis makanan jawabannya.

Banyak jenis bisnis makanan yang sebenarnya harus anda pertimbangkan. Contohnya, bisnis "Ayam Geprek". Ayam geprek adalah makanan ayam goreng tepung khas Indonesia yang diulek atau dilumatkan bersama sambal bajak. 

Kini ayam geprek telah menjadi hidangan populer yang dapat ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia, tetapi asal mula ayam geprek berasal dari kota Yogyakarta.

2. Makeup Artist

Siapa yang tidak tahu jasa kecantikan yang sedang tren ini? Saat ini bisnis jasa Makeup Artist (MUA) banyak digeluti oleh anak-anak muda. Mengapa saat ini MUA sangat digeluti di dunia bisnis? Karena saat ini dunia teknologi semakin mendukung untuk mempromosikan bisnis tersebut.

Banyak pengantin muda yang memakai jasa MUA dan mempromosikannya di media sosial. Selain pengantin muda, saat ini banyak juga selebgram yang memakai jasa MUA untuk sekedar pemotretan dan sebagainya. Tentu hal ini menjadi sebuah keuntungan besar bukan? Mau coba?

3. Penyewaan Alat Fotografi dan Video

Saat ini, banyak orang tertarik dengan fotografi, tetapi budget saat ini sangat terbatas sehingga banyak yang tidak bisa membeli lensa dan peralatan yang mahal.

Karena sulitnya hal itu, anda tentu dapat memanfaatkan keadaan ini yakni dengan membuka jasa penyewaan alat fotografi, videografi, dilengkapi dengan peralatan yang banyak digunakan dalam dokumentasi pernikahan dan film.

Namun, anda harus memahami kualitas produk yang disewakan sehingga anda mengetahui akan memperoleh berapa keuntungan.

4. Online Shop

Meski Online Shop sudah berjalan cukup lama, ide usaha rumahan yang satu ini semakin berkembang dan tetap menjadi primadona bagi berbagai kalangan.

Selain tidak membutuhkan modal yang banyak, Anda juga bisa mengerjakan bisnis Online Shop kapan saja, sehingga sangat fleksibel bagi Anda yang sibuk bekerja. Nilai plusnya, usaha ini juga semakin mudah dijalani karena adanya perkembangan teknologi.

5. Jasa Mengelola Media Sosial

Anda suka melihat Instagram? Tentunya banyak online shop yang terus membuat postingan atau unggahan yang berisi produk dagangan dan promosi untuk menarik pelanggan. Ini semua biasanya dilakukan oleh pemilik dari online shop tersebut.

Namun lain halnya apabila online shop tersebut sudah besar dan tingkat penjualannya tinggi, biasanya akan ada beberapa bagian yang terbagi dengan tanggung jawabnya masing-masing.

Sebagai contoh adalah admin yang mengelola dan memasarkan produk via media sosial. Anda tertarik mencoba?

sumber rri.co.id