Highlight

Benarkah Corona Dapat Tertular Melalui ASI?

 Saat ini penyebaran virus Covid-19 masih begitu masif di dunia, bahkan hingga kini jumlah kasus positif Covid-19 teruslah bertambah setiap harinya. 

Penularan virus corona antar manusia dapat terjadi melalui kontak langsung, bahkan juga dapat melalui kontak tidak langsung, yaitu bila menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus Corona. Seseorang juga bisa tertular corona bila tidak sengaja menghirup percikan air liur yang mengandung virus Corona, misalnya saat penderita batuk atau bersin.

Bahkan belum lama ini pun tersirat kabar jike penularan virus ini bisa melalui udara sekitar. Lalu bagaimanakah jika seorang ibu menyusui positif terkena virus Covid-19? Apakah anak dapat ikut tertular virus Covid-19 melalui ASI?

Dikutip dari berbagai sumber bahwa hingga saat ini, virus Corona baru belum terdeteksi dapat menular lewat ASI pada ibu mana pun yang dikonfirmasi positif Covid-19. Karena diketahui pula bahwa anak-anak memiliki risiko Covid-19 yang relatif rendah.

Oleh karena itu, Ibu menyusui yang terkena infeksi virus Corona masih boleh memberikan ASI atau menyusui bayinya. Meski demikian, risiko bayi tertular infeksi virus Corona dari ibunya tetap ada. 

Penularan bisa terjadi ketika ibu menyusui yang terjangkit virus Corona menyentuh bayinya dengan tangan yang belum dicuci, juga ketika ibu menyusui batuk atau bersin di dekat bayinya. WHO merekomendasikan bahwa semua ibu yang diduga kuat atau bahkan dikonfirmasi positif Covid-19 untuk tetap melakukan kontak langsung atau skin-to-skin dengan bayi mereka terutama pada bayi baru lahir. 

Banyak orang tidak mengetahui bahwa ternyata menyusui masih lebih banyak manfaatnya ketimbang risiko penularannya. Selain itu, menyusui dan kontak langsung ibu dengan bayi, dapat mengurangi risiko kematian pada bayi baru lahir terutama pada kasus bayi dengan berat badan lahir rendah.

Maka dari itu sangat penting juga bagi ibu untuk tetap menjaga kebersihannya sebelum menyusui. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, membersihkan setiap permukaan yang sering disentuh, mengenakan masker, dan menutup hidung dan mulut dengan tisu atau siku bagian dalam saat batuk dan bersin, merupakan hal-hal yang harus dilakukan ibu jika ingin menyusui bayinya dengan aman.

sumber rri.co.id