Highlight

Fantastis, Kacamata Gandhi Terjual Senilai Rp5 Miliar

 Sepasang kacamata milik pejuang kebebasan India Mahatma Gandhi terjual dalam sebuah lelang di Inggris seharga 260.000 poundsterling ($340.427) atau sekitar Rp 5 miliar.

Menurut Andrew Stone, seorang petugas pelelangan, kacamata berbingkai emas itu diberikan kepada rumah Lelang Bristol Timur di Inggris oleh seorang laki-laki yang pamannya diberi kacamata itu oleh Gandhi pada 1920an.

"Kacamata itu disimpan oleh keluarga yang sama selama 100 tahun dan selama 100 tahun itu tidak ada yang berpikir bahwa kacamata itu berharga," kata Stowe dikutip dari VOA Indo.

"Ketika saya pertama kali berbicara dengan penjualnya, dia mengatakan, 'Kalau tidak berharga, buang saja,'" tambahnya.

Kacamata itu, yang dijual kepada seorang kolektor Amerika setelah proses lelang enam menit lewat telepon, tadinya diduga bernilai antara 10.000 poundsterling hingga 20.000 poundsterling atau sekitar Rp 194 juta hingga Rp 386 juta.

Namun, imbuh Stowe, dalam 24 jam diunggah secara daring, kacamata itu menarik perhatian kolektor dari seluruh dunia, dan ditawar hingga 50.000 poundsterling atau Rp 967 juta.

Gandhi, seorang pengacara dan aktivis, sering dijuluki sebagai 'bapak bangsa' India. Sepanjang hidupnya dia kerap menyuarakan anti-kekerasan dan memainkan peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan India. 

sumber rri.co.id