Highlight

Mulai Bekerja Mencari Nafkah Keluarga, Ini Doanya

 Meski ada yang memulai pada siang, sore, atau malam, pada umumnya aktifitas dimulai pada pagi hari.

Sebagai umat Muslim, tentu keberkahan akan mengalir jika suatu kegiatan dimulai dengan memanjatkan doa. Terlebih akktifitas yang dilakukan merupakan kewajiban memberikan nafkah pada keluarga.

Dalam kitab ad-Du'a, Imam al-Thabrani menuliskan doa sebelum mencari nafkah.

Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaan-Mu dan pemberian-Mu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.

Doa sebelum bekerja itu bisa dilanjutkan dengan doa berikut:

Allahummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta'milnii thayyibaa. Allahummaj'al ausa'a rizqika'alayya'inda kibari sinnii wanqithoo'i'umrii. Allahummakfinii bihalaalika'an haraamika. wa aghninii bifadhlika'amman siwaaka. Allahumma in nii as-aluka rizqon waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-alukan na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu."

Artinya: Ya Allah, berilah padaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni'mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

sumber rri.co.id