Highlight

Pantai Eksotis, Menemani Pelancong di Musim Panas

 Wisata bahari menjadi pilihan yang tepat saat cuaca panas. Indonesia yang beriklim tropis juga menjadi tujuan turis mancanegara dalam menghabiskan liburan musim panas.

RRI.co.id merangkum beberapa destinasi wilsata yang cocok untuk musim panas.

1. Taman Nasional Pulau Komodo

Majalah mode internasional Vogue memasukkan Pulau Komodo sebagai sepuluh destinasi wisata terbaik untuk berlibur di musim panas.

Selain komodo yang menjadi daya tarik, Taman Nasional Komodo juga memiliki banyak pantai eksotis seperti Pantai Pink, dan Labuan Bajo.

2. Kepulauan Gili

Terdapat di Pulau Lombok, gili merupakan sebutan pulau kecil oleh masyarakat setempat. Wisatawan mengenal ketiga Gili dengan nama Gili Matra, yakni terdiri dari Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. 

Gili Trawangan merupakan sasaran utama wisatawan yang merupakan gili terbesar yang memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km. Semua gili memiliki pantai yang menawan.


3. Kepulauan Anambas

Anambas merupakan kepulauan tropis terindah di Asia versi CNN. Anambas dianggap sebagai tandingan Raja Ampat dengan kecantikan pantai yang mengalahkan Maldives. Kepulauan ini memiliki banyak sekali pesona alam yang masih perawan dengan lautnya begitu biru, dan terumbu karangnya begitu cantik dan kaya.

Kepulauan Anambas merupakan bagian dari provinsi Kepri yang berada di Laut China selatan ini terdiri atas 238 pulau, dan hanya 26 yang berpenghuni. Pulau ini menjadi surga bagi mereka yang hobi diving, snorkeling dan scuba diving.

4. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai adalah gugusan pulau-pulau yang berada di sisi barat provinsi Sumatera Barat dengan penduduk asli Mentawai. Kepulauan Mentawai memiliki 4 pulau besar, yaitu pulau Siberut, pulau Sipora, pulau Pagai Utara, pulau Pagai Selatan, dan beberapa pulau-pulau kecil.

Di Mentawai terdapat ratusan spot berselancar dengan pantainya yang masih asri dan memiliki keindahan yang menawan. Sebagian besar wilayah kepulauan Mentawai masih berupa hutan dengan beberapa spesies endemik yang dilindungi.


5. Wakatobi

Wakatobi merupakan singkatan dari Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang merupakan sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara. Wakatobi memiliki beragam jenis biota dan karang sekitar 750 hingga 850 spesies. Selain menjadi surga bagi para penyelam, daerah ini kental dengan kekayaan alam, budaya, serta keramahan penduduk Wakatobi.

6. Kepulauan Raja Ampat

Raja Ampat adalah sebuah kabupaten dengan luas wilayah 4,5 juta hektar dengan hamparan 1.846 pulau baik yang berpenghuni maupun tidak, yang terletak di provinsi Papua Barat.

Kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian 4 gugusan pulau yang berdekatan, yaitu pulau Waigeo, pulau Misool, pulau Sulawati dan pulau Batanta yang berlokasi di bagian barat pulau Papua.

Pulau Waigeo merupakan pulau terbesar di Raja Ampat yang terletak disebelah timur kota Waisai yang merupakan Ibukota kabupaten Raja Ampat, kemudian disusul tiga pulau besar lain yaitu Salawati, Batanta dan Misool.


Pulau ini merupakan pulau yang mudah dijangkau menggunakan transportasi umum demi menikmati keindahan pulau-pulau karang, teluk yang menawan, hutan dengan beraneka ragam jenis burung.

Kepulauan Raja Ampat merupakan kawasan karang terbaik di Indonesia ini memiliki 450 jenis karang dan termasuk 10 perairan terbaik untuk diving di seluruh dunia. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas laut seperti diving, snorkeling, memancing, berlayar, naik perahu sekaligus menikmati kelezatan kuliner.

sumber rri.co.id