Highlight

Program BSPS Diresmikan Bupati, Sediakan Jamban Di Tiap Rumah

 

DEMAK – Bupati Demak, HM. Natsir meresmikan hasil pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Sumberejo, Kecamatan Bonang, Selasa (25/8). Turut mendampingi Wakil Bupati Demak, Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Jawa Wilayah 3, Pejabat Pembuat Komitmen Rumah Swadaya Provinsi Jawa Tengah, dan Konsultan Manajemen BSPS Provinsi Jawa Tengah, kepala Dinperkim Demak Sugiyarto.

Dalam Sambutan dan pengarahanya Bupati Demak, HM. Natsir mengatakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan program RTLH sudah ada sejak tahun 2015. Program tersebut diberikan kepada warga yang belum memiliki rumah dengan standar keselamatan bangunan dan kecukupan minimal bangunan.

“BSPS menjadi prioritas karena rumah layak adalah kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Harapannya, melalui program ini bisa meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat”. Jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menambahkan dalam program BSPS juga harus dibangun jamban keluarga. Pihaknya meminta kepada para Kepala Desa untuk selalu mengingatkan warganya, agar wajib mempunyai jamban di setiap rumah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Demak, Akhmad Sugiharto., mengatakan tahun 2020 Kabupaten Demak mendapat alokasi sebanyak 1.075 rumah.
BSPS di Desa Sumberejo yang diresmikan pada tahap pertama, terdapat 300 unit yang berada di 13 desa di Kecamatan Bonang. Di mana masing-masing desa mendapat alokasi 25 rumah.

“Untuk saat ini sudah 276 unit rumah yang pembangunannya sudah mencapai 100 persen”. Kami berharap Demak mampu segera menyelesaikan program BSPS. Besar harapan kami, tahun mendatang Demak kembali mendapatkan bantuan ini,” pungkas Sugiharto.