Highlight

Akses Vaksin Covid-19 Harus Adil dan Setara

 Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera menegaskan, setiap orang berhak untuk hidup sehat dan mendapatkan kesempatan yang adil dan setara terhadap akses vaksin Covid-19. 

Menurutnya, parlemen memiliki tanggungjawab untuk memastikan tidak ada gap dalam terdistribusinya vaksin Covid-19 bagi seluruh lapisan masyarakat di dunia.

"Banyak negara berlomba-lomba melakukan penelitian guna memproduksi vaksin Covid-19. Parlemen harus ambil peran agar kelak distribusi vaksin Covid-19 bisa merata dan proporsional," kata Mardani, Senin (28/9/2020).

"Pandemi Covid-19 telah bertransformasi, bukan hanya masalah kesehatan, namun menjadi masalah ekonomi, sosial, politik, serta keamanan yang merupakan masalah global," tambahnya.

Politisi PKS ini menekankan, Bahkan disituasi krisis seperti saat ini, solidaritas global harus tetap diupayakan untuk penanganan pandemi. Sehingga, nantinya tidak ada kesenjangan antarnegara terhadap vaksin Covid-19. 

"Dalam situasi krisis seperti saat ini, solidaritas global harus tetap diupayakan, utamanya dalam menjamin keamanan dan perdamaian dunia," tuturnya.

Di samping itu, Mardani menambahkan, perlu juga dibuat standar protokol kesehatan Covid-19 yang diakui dan diterima secara internasional. 

"Karena memang dalam pandemi sekarang ini standar protokol yang secara internationally accepted menjadi perlu. Misalnya gini, Amerika punya protokolnya sendiri, Eropa punya protokol sendiri, Asia punya protokol sendiri, makanya nggak connect. Menghapus Covid-19 pun jadi berat," pungkasnya.