Highlight

Makna Diterangi Cahaya, Bagi Pembaca Surah Al-Kahfi

 Siapa yang membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat akan mendapatkan naungan cahaya ke Jumat berikutnya.

Seperti yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW HR. Al-Hakim. "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, cahaya akan meneranginya di antara Jumat,"

Lalu sepeerti apa makna mendapatkan naungan cahaya atau cahaya akan menerangi orang membawa Suirah Al-Kahfi tersbeut.

Ada dua makna cahaya di antara dua Jumat

1. Cahaya Maknawi

Maksudnya barang siapa yang membaca surat al-Kahfi maka dia akan diberikan cahaya sehingga terhalang dari melakukan maksiat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ketaatan antara dua jumat tersebut.

Imam An Nawawi ketika menjelaskan hadis tentang keutamaan membaca surat al kahfi beliau mengatakan :

Dia akan terhalang dari maksiat dan terhenti dari melakukan kejelekan dan mungkar lalu diberikan petunjuk kepada kebenaran

Imam as Syaukani berkata dalam kitab Tuhfatul ad Dzakirin : Yang dimaksud dengan diberikan cahaya di antara dua jumat adalah dia senantiasa diliputi dari pengaruh membacanya dan pahala selama dua minggu itu(dua jumat tersebut)

2. Cahaya Haqiqi

Yakni cahaya yang akan menyinarinya di hari kiamat.

Syaikh Muhammad Shaleh al-Munajjid mengatakan, makna yang kedua ini lebih dekat dengan kebenaran karena sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya di antara dua jumat.” (Diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih dalam tafsirnya)

Wallahu Alam Bish Shawab