Highlight

Empat Terobosan Layanan BKN di Masa Pandemi Dikompetisikan dalam Inovasi KIP 2020

 Humas BKN, Pada kegiatan paparan Capaian dan Inovasi Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 yang digagas oleh Komisi Informasi Publik (KIP) dalam rangka Evaluasi dan Monitoring Keterbukaan Informasi Publik, Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diwakili oleh Kepala Bagian Pelayanan Terpadu dan Pengaduan Masyarakat, Urip Wahyuni bersama Kepala Subbagian Fasilitasi Pengaduan Masyarakat BKN, Deni Kurniadi menyampaikan setidaknya ada empat inovasi yang telah dilakukan BKN di masa pandemi Covid-19. Paparan Inovasi dilakukan secara daring pada Senin (05/10/2020).

Ada empat inovasi layanan BKN yang disampaikan dalam forum tersebut, yakni pertama mengenai keberhasilan BKN dalam mengawal kelanjutan seleksi CPNS 2019 pada September – Oktober 2020 yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 dan memanfaatkan teknologi informasi. “Mulai dari pendaftaran, seleksi menggunakan CAT BKN, dan tayangan Live Score Nilai SKB melalui Kanal Youtube BKN yang merupakan wujud transparansi BKN kepada publik,” papar Urip.

Inovasi kedua, lanjut Urip, yakni layanan audiensi dan konsultasi kepegawaian online yang telah berlangsung setidaknya 3 – 4 bulan belakangan untuk menjawab keingintahuan stakeholders BKN, baik di Pusat maupun daerah terkait pelayanan kepegawaian. “Kami membuka konsultasi masalah-masalah kepegawaian secara daring, yang sebelumnya dianalisa oleh Tim Pranata Humas dan Tim Unit Teknis BKN untuk menentukan prioritas permasalahan yang paling perlu disampaikan penjelasannya kepada publik. Layanan konsultasi daring ini ternyata disambut dengan antusias oleh masyarakat, khususnya PNS,” imbuhnya.

Lalu pada inovasi ketiga yaitu program Sistem Informasi ASN (SI-ASN BKN). Kasubbag Fasilitasi Pengaduan Masyarakat BKN, Deni Kurniadi menjelaskan bahwa SI-ASN merupakan inovasi yang mengintegrasikan layanan kepegawaian dalam satu sistem. Hal ini merupakan upaya BKN mendorong terwujudnya birokrasi lesspaper. Salah satu fitur layanan dalam sistem tersebut adalah helpdesk yang dianalogikan semacam google mini karena didesain sebagai kotak informasi kepegawaian yang dapat diakses dengan mudah oleh publik.

Terakhir Deni menguraikan inovasi keempat, yakni website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dikelola secara mandiri dan terhubung dalam domain utama website http://bkn.go.id dengan alamat eppid.bkn.go.id. “Dengan adanya website PPID, permohonan informasi ke BKN cukup dilakukan dengan mengakses website tersebut tanpa perlu datang langsung ke BKN,” tambahnya.

Inovasi-inovasi tersebut mendapatkan apresiasi dari Peneliti Senior LIPI, Siti Zuhro dan memperoleh respons positif dari Komisioner KIP bidang Penelitian dan Dokumentasi, Romanus Ndau Lendong dan Agus Wijayanto Nugroho selaku Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat yang juga turut serta hadir dalam acara tersebut.