Highlight

China Tekuk WHO

 China telah memblokir kedatangan tim World Health Organization (WHO) yang akan menyelidiki asal-usul pandemi Covid-19. Alasannya, visa mereka belum disetujui. 

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan, kekecewaannya dan mengatakan bahwa dia telah meminta China untuk mengizinkan tim WHO masuk. 

"Saya sangat kecewa dengan berita ini, mengingat dua anggota telah memulai perjalanan mereka, dan yang lainnya tidak dapat  melakukan perjalanan pada menit terakhir," kata Tedros, Kamis (7/1/2021).

"Tetapi, saya telah berkomunikasi dengan pejabat senior China. Dan saya sekali lagi memperjelas bahwa misi ini adalah prioritas bagi WHO dan tim internasional," lanjutnya.

WHO telah berupaya untuk mengirimkan tim ahli global dari sejumlah negara selama beberapa bulan. Hal ini, telah dibicarakan dengan pejabat China sejak Juli 2020. 

Sebab, para ilmuwan telah lama mengatakan bahwa sangat penting untuk mengetahui bagaimana virus itu masuk ke tubuh manusia.

Ekspedisi ke China sedang menuju ke Wuhan untuk menyelidiki kasus paling awal. Hal itu, tidak bermaksud untuk mengungkap klaim bahwa virus berasal dari laboratorium China, yang telah dibantah oleh sebagian besar ilmuwan.

Misi tersebut telah dikritik oleh AS, di mana Presiden yang akan turun, Donald Trump, dengan tegas menyalahkan China atas pandemi tersebut.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, Garrett Grigsby mengatakan, pada November 2020 penyelidikan tampaknya tidak sesuai dengan mandat WHO. 

"Memahami asal-usul Covid-19 melalui penyelidikan yang transparan dan inklusif adalah hal yang harus dilakukan untuk memenuhi mandat," tukasnya.