Highlight

Puluhan Kendaraan Anggota TNI Diperiksa Surat dan Kelengkapan Fisik Oleh Denpom

 

DEMAK – Puluhan kendaraan anggota Kodim 0716/Demak  diperiksa Polisi Militer dalam operasi Gaktib (Penegakan Ketertiban) yang digelar oleh Subdenpom IV/3-2 Pati , Selasa (16/2/21).

Kegiatan Operasi Gaktib Polisi Militer Waspada Wira Keris Tri Wulan I Tahun 2021 dilakukan di lapangan Makodim 0716/Demak, setelah anggota TNI Kodim Demak mengikuti apel pagi. Pemeriksaan meliputi 58 kendaraan dinas roda dua yang diperiksa, 7 unit mobil dinas, 2 mobil pribadi dan 30 kendaraan pribadi roda dua.

Komandan kodim melalui Pasi Intel  Lettu Arm Prih Wijiono mengatakan, apel dan pemeriksaan kendaraan diselenggarakan dalam pelaksanaan fungsi pengamanan di bidang materiil dengan menghadirkan seluruh kendaraan, baik dinas maupun non dinas atau pribadi yang dipegang oleh anggota Kodim 0716/Demak.

"Operasi Gaktib rutin ini bersifat pemeriksaan, bukan bersifat penindakan, hanya pengecekan kondisi kendaraan, apakah layak pakai dan memenuhi syarat jalan beserta surat kelengkapannya, yaitu SIM, STNK, dan KTA"  Ujarnya.

Sementara Dansubdenpom IV/3-2 Pati Kapten Cpm Agung Suryo Utomo yang memimpin operasi pemeriksaan menyampaikan, pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh meliputi kelengkapan surat kendaraan dinas maupun pribadi tiap anggota, di antaranya surat kelengkapan mengemudi (SIM) umum maupun SIM TNI, Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI, kelengkapan kendaraan seperti, lampu, kaca Spion bahkan sampai kondisi kebersihan dan kelaikan kendaraan.

Ditegaskannya, pemeriksaan ini sebagai salah satu cara untuk memastikan kendaraan dinas yang akan digunakan dalam mendukung operasional tugas sehari-hari selalu dalam kondisi terbaik dan siap digunakan kapan saja.