Highlight

SEMINAR RANCANGAN AKTUALISASI PELATIHAN DASAR CPNS GELOMBANG 5 TAHUN 2021

Demak, 20 September 2021 hari Senin Pukul 08.00 WIB Bertempat di BKPP Kabupaten Demak diadakan acara Seminar Rancangan Aktualisasi Latsar CPNS Gelombang 5 Berjumlah 60 (enam puluh) Tahun 2021 yang diadakan oleh BKPP Kabupaten Demak.

Peraturan Lembaga Administrasi Negara (PERKALAN) No. 12/2018 tentang pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil mensyaratkan bahwa pelatihan ini akan menghasilkan ASN yang mampu membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalime dan kebangsaan sehingga menjadi pribadi unggul, bertanggungjawab, profesional serta penguatan kempotensi teknis bidang. Hal inipun sejalan dengan tuntutan Undang-undang No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara bahwa fungsi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.

Agenda pembelajaran habituasi merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran peserta latsar CPNS yang menurut PERKALAN 12/2018 dapat diterjemahkan menjadi beberapa tahapan yaitu :

  1. Tahap mensitesakan substansi mata pelatihan dalam sebuah rancangan aktualiasasi.
  2. Tahap Pembimbingan, pada tahap ini peserta didampingi oleh coach dan mentor.
  3. Melaksanakan seminar rancangan aktualisasi.
  4. Melaksanakan aktualisasi di tempat kerja dan menyusun laporan aktualisasi.
  5. Bagi peserta Golongan III melakukan analisis dampak apabila nilai-nilai dasar ASN tidak diterapkan dalam pelaksanaan tugas jabatan.
  6. Melaksanakan seminar aktualisasi. 

Agenda Rancangan Aktualisasi pada latihan dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil adalah sebuah kompetensi yang harus dikuasai oleh CPNS setelah mengikuti serangkaian mata diklat mulai dari agenda orientasi, sikap dan perilaku bela negara,  nilai-nilai dasar, kedudukan dan peran PNS dalam negeri dan habituasi. Sebagai Sebuah kompetensi  yang haris dikuasai oleh peserta Latsar CPNS, maka agenda Rancangan Aktualusasi ini akan melatih seorang CPNS untuk menemu kenali berbagai issue-issue aktual yang menjadi permasalahan dalam lingkup kerjanya dengan menggunakan pisau analisis sederhana seperti metode USG ( Urgency, Strength , Growth) dan APKL ( Aktual, Problematik, Khalayak dan Layak ) dan mencarikan solusi pemecahan masalah dalam meningkatkan mutu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh unit kerja atau organisasi tempat CPNS tersebut bertugas Keseluran rangkaian pelaksanaan rancangan Aktualisasi sampai pada pelaksanaan Aktualisasi kegiatan penyelesaian issue tersebut haruslah menekankan prinsip nilai dasar seorang Aparatur Sipil negara yaitu akuntabilitas, nasionalime, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi ( ANEKA) sehinga hasil Aktualusasi tersebut mampu meningkatkan mutu la



yanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Indikator Keberhasilan dari sebuah Rancangan Aktualusasi menjadi Kegiatan Aktualisasi terletak pada kemampuan menemukan issue strategis, pemecahan masalah yang kreatif, inovatif dan susteinable yang dilandasi oleh nilai-nilai dasar ASN sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan publik dan citra organisasi.