Highlight

Pentingnya Peran Pranata Humas Dalam Membangun Citra

 

Demak – Transformasi digital diharapkan dapat merubah bertransformasinya seorang pranata humas menjadi melek digital. Hal tersebut disampaikan Direktur Tata kelola dan Kementrian Komunikasi Publik, Hasyim Gutama, Jum’at (22/10/21) pada Bimbingan Teknis Efektifitas dan Efisiensi Penerapan Peran Jabatan Fungsional Pranata Humas.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid dan on-site langsung dari Nusa Tenggara Barat diikuti oleh perwakilan dari Biro Organisasi dan Kepegawaian di seluruh Indonesia baik dari Provinsi, Kabupaten, Kota.

Hasyim mengatakan, perkembangan informasi luar biasa cepat, pertukaran informasi melalui media internet dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas Pranata Humas dengan membuat konten-konten positif. “Dengan banyaknya konten positif, otomatis dapat meminimalisir konten negative. Istilahnya jika masyarakat sudah fokus dengan konten positif yang negative jadi lupa.”

Menurut, Asdep Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi, Istyadi Insani menyampaikan, Seorang Pranata Humas memiliki peran penting. Pranata Humas dituntut bisa  melakukan diseminasi informasi, komunikasi persuasi dan pengelolaan relasi. Pranata Humas merupakan ujung tombak dalam menentukan citra sebuah organisasi.

“Pranata Humas  adalah ujung tombak organisasi untuk memberikan citra terbaik bagi organisasinya. Seperti misalnya, ada sebuah kegiatan pembangunan, disini peran Humas membuat sebuah release berita untuk di publikasikan. Jadi kan masyarakat tahu kegiatan organisasi itu,”ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan, Kepala Kominfotik Provinsi Nusa Tenggara Barat, Najjamudin Amy terkait pentingnya Pranata Humas sebagai strategi dalam promosi sebuah acara. 

“Humas ini begitu sangat signifikan menjadi sangat strategis untuk melaksanakan promosi ataupun publikasi dari kegiatan yang dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat seperti halnya acara yang akan diadakan di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit Lombok Indonesia,”pungkasnya.