Highlight

Siapkan Galeri UMKM Kampung Indonesia Di Korea Selatan

 

Demak -Asosiasi Eksportir Korea Selatan, Muhammad Riski al Yasin atau Sinbeakseok telah mempersiapkan galeri khusus produk UMKM di Korea Selatan. Tepatnya di Kota Incheon, yang merupakan kota metropolitan dan pelabuhan utama di pesisir barat Korea Selatan.  Hingga Kota Incheon dikenal sebagai gerbang utama Korea Selatan dan salah satu kota terindah. 

Galeri khusus produk UMKM tersebut dinamakan "UMKM Kampung Indonesia". 
Yang bertujuan mewujudkan produk UMKM Kabupaten Demak berkompetisi di pasar Internasional. Hal tersebut disampaikan kepada  pemkab Demak melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) saat melakukan kurasi produk UMKM dengan Asosiasi Eksportir Korea Selatan dengan Bupati Eisti'anah di Pendopo Jum'at (01/10/2021).

Kepala Dindagkop UKM, Iskandar Zulkarnain, bersama Asosiasi Eksportir Korea Selatan Muhammad Riski Al Yasin atau Sinbeakseok, dan rombongan Green Technology Center (GTC) saat bertemu bupati Eisti'anah juga diperlihatkan produk UMKM Kabupaten Demak mulai dari makanan, minuman, batik, hingga handicraft.

"Untuk membantu UMKM go internasional, kami memilih produk UMKM di Kabupaten Demak yang bisa kami tempatkan di sana nanti. Tentunya dengan kualitas, kontinuitas produk, sampai packaging yang menarik," ujar pria asli Korea Selatan tersebut. 

Ia bersama rombongan pun mencicipi berbagai makanan dan minuman produk UMKM Kabupaten Demak satu persatu. Juga melihat dan mengeksplorasi produk batik maupun handycraft yang di jejerkan di stand-stand.

"Untuk makanan dan minuman kita coba tester terlebih dahulu agar bisa mengetahui tingkat kecocokan dengan lidah orang Korea. Apabila ada kekurangan, kita beri saran dan masukan agar di perbaiki biar lebih enak dan menjadi daya tarik orang Korea," jelas pria yang akrab di sapa Yasin. 

Lebih lanjut Yasin mengungkapkan, beberapa daerah di Jawa Barat seperti Sukabumi, Bogor, sampai Sukabumi telah melakukan ekspor ke Korea Selatan. Diharapkan nantinya, Kabupaten Demak juga menyusul dengan berbagai produk unggulan dari UMKM. 

"Produk Korea sudah banyak yang masuk Indonesia. Nah saat ini sudah waktunya Indonesia juga mengekspor produknya ke Korea. Salah satunya produk UMKM, akan kami bantu secara marketingnya dan sistem yang terstruktur," paparnya 

Sementara itu, Bupati Demak  Eistianah mengungkapkan, Pemkab sangat mendukung itikad baik Asosiasi Eksportir Korea Selatan. Apalagi di masa pandemi Covid-19  diharapkan dapat terwujud mengekspor produk UMKM. Untuk itu, berbagai upaya dan usaha Pemkab telah dilakukan agar UMKM lebih sejahtera.

"Kita berharap mereka tertarik dengan produk-produk dari UMKM Demak. Pemkab  mempermudah dan mereka pun menyesuaikan produk dari kami agar di minati orang Korea. Selain itu adanya terobosan baik untuk pengolahan sampah Kabupaten Demak juga sangat kami  dukung. Semoga dengan adanya pertemuan ini membawa dampak positif dan segera di tindak lanjut oleh OPD terkait," Kata Bupati.