Highlight

Tren Kasus Aktif Turun, Sekda Demak Ikuti Evaluasi PPKM Level Jawa-Bali Via Zoom

 DEMAK - Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono didampingi Asisten I, II dan III Sekda, perwakilan Dandim 0716/Demak dan Kabag Ops Polres Demak mengikuti rakor secara virtual terkait evaluasi penerapan PPKM Level Jawa-Bali dengan Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan di Command Center, Minggu, (24/10/2021).
Dalam rakor kali ini, Menko Luhut membahas evaluasi PPKM level Jawa-Bali diantaranya evaluasi penggunaan dan penegakan Aplikasi PeduliLindungi di setiap daerah, evaluasi pembukaan pariwisata, dan pola kesiapan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dijelaskan pula bahwa peningkatan mobilitas akan semakin meningkat hingga puncaknya pada liburan Nataru. Oleh karenanya, pihaknya meminta kepada Panglima TNI, Kapolri, Menhub dan para Gubernur untuk mempersiapkan skenario pengaturan mobilitas dari sekarang. “Peningkatan mobilitas saat Nataru menjadi salah satu penyebab peningkatan kasus konfirmasi harian di Bali pada awal 2021 yang lalu,”Ungkapnya. Selain itu, untuk mencegah adanya lonjakan kasus dan kematian, pihaknya menekankan penguatan 3T, perluasan penggunaan PeduliLindungi, dan percepatan vaksinasi.
Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno memaparkan bahwa dari hasil monitoring tempat wisata yang telah dilakukan ujicoba tahap I dan tahap II ditemukan adanya peningkatan QR code hitam, serta kesadaran dan kepatuhan pengunjung mengalami tren penurunan. “Perlu peningkatan pengawasan prokes pada tempat wisata serta sanksi terhadap pelanggaran prokes di tempat wisata< “Pungkasnya. (prokompim).