Highlight

PEREKAMAN SIDIK JARI DI KORWIL KEC.KARANGTENGAH

Demak, 08 November 2021 hari Jum'at Pukul 09.00 wib bertempat di Koordinator Wilayah Kecamatan Karangtengah DINDIKBUD Kabupaten Demak dilaksanakan acara Pembukaan perekaman sidik jari online oleh bpk Waris, S.Pd, M.Pd dan Tim dari BKPP Kabupaten Demak terdiri dari Pelaksana Bapak Sholikin, S.Kom dan Bapak Siswoyo, SE.


Kegunaan utama mesin absensi sidik jari adalah untuk mendata kehadiran Pegawai negeri sipil oleh instansi Pemerintah Kabupaten Demak karenanya, mesin absensi sidik jari sangat bermanfaat guna memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mendata absensi Pegawai Negeri Sipil. .

1. Memberikan Kemudahan dan Kecepatan dalam Mendata Absensi Karyawan

Kegunaan utama mesin absensi sidik jari adalah untuk mendata kehadiran Pegawai Negeri Sipil oleh instansi Pemerintah Kabupaten Demak,

Mendata dengan jelas dan pasti kehadiran masing-masing Pegawai Negeri Sipil dalam jumlah besar akan sangat sulit dilakukan. Oleh karenanya, mesin absensi sidik jari sangat bermanfaat guna memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mendata absensi Pegawai Negeri Sipil.

2. Memberikan Tanda Bukti Kehadiran Pegawai Negeri Sipil dengan Akurat

Setiap Pegawai Negeri Sipil memasukkan data kehadirannya melalui mesin absensi sesuai prosedur yang berlaku, sebagai tanda bukti kehadiran.

Hal ini memudahkan Pengelola kepegawaian untuk mengetahui absensi Pegawai Negeri Sipil tersebut dengan lebih akurat. Pegawai Negeri Sipil yang tidak hadir, dengan alasan apapun, sudah pasti tidak terdeteksi data kehadirannya dan dipastikan tidak masuk kerja.

3. Mencegah Tindakan Kecurangan dalam Praktik Absensi Pegawai Negeri Sipil

Dengan menggunakan mesin sidik jari, Pegawai Negeri Sipil tidak dapat lagi bertindak kurang jujur dengan memanipulasi kehadiran, sebagaimana halnya bila memakai mesin manual. Hal ini disebabkan pendeteksian otomatis pada mesin absensi sidik jari membutuhkan data akurat berupa sidik jari Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan secara langsung.

4. Instansi Pemerintah Kabupaten Demak Bisa Mengetahui Kinerja Pegawai Negeri Sipil

Dengan adanya data yang secara otomatis tercatat dalam mesin absensi sidik jari, memungkinkan pengelola kepegawaian untuk menghitung lama jam kerja Pegawai Negeri Sipil dalam sehari dengan tepat. Penting bagi Instansi Pemerintah Kabupaten Demak untuk bisa mengetahui lama kerja setiap Pegawai Negeri Sipil mulai masuk hingga pulang kerja secara akurat, melalui mesin sidik jari yang canggih dan terintegrasi dengan basis data.

Jam masuk dan pulang, serta jam lembur Pegawai Negeri Sipil dapat dilihat secara langsung menggunakan mesin absensi sidik jari ini. Dengan demikian, Pengelola Kepegawaian juga bisa memantau kinerja Pegawai Negeri Sipil dilihat dari durasi waktu kerjanya.

5. Bisa Mengetahui Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil

Dalam pencatatan data di mesin absensi Pegawai Negeri Sipil ini, jam kerja Pegawai Negeri Sipil dimulai dari saat autentifikasi data diri melalui mesin sidik jari dan saat jam kerja berakhir sebelum pulang.

6. Menghitung Gaji dan Uang Lembur Pegawai Negeri Sipil

Setelah mempertimbangkan perhitungan jam kerja masing-masing Pegawai Negeri Sipil, dengan memerhatikan ketepatan waktu bekerja pada laporan dari otomatisasi mesin absensi, dapat dilakukan perhitungan gaji serta tunjangan TPP Pegawai Negeri Sipil.

7. Menghitung Pembayaran Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Tunjangan

Bagi Instansi Pmerintah dengan Pegawai Negeri Sipil, jumlah pemberian gaji dan tunjangan akan sesuai dengan kinerja masing-masing Pegawai Negeri Sipil setiap harinya. 

(BKPP korpri)