Highlight

SOSIALISASI GCIO (Goverment Chief Information Officer) DI GRHADIKA BINA PRAJA KAB.DEMAK

 Demak, 09 Juni 2022 hari Kamis Pukul 08.00 WIB Bertempat di Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak dilaksanakan acara Sosialisasi GCIO (Goverment Chief Information Officer). Sosialisasi ini dipimpin dan dibuka oleh Ibu Bupati Demak Ibu dr. EISTI'ANAH, SE. Hadir dalam kesempatan itu, Wakli Bupati Demak, Ali Mahksun; Pj Sekda, Drs Eko Pringgolaksito; dan Asisten Administrasi Pemerintahan, Bambang Saptoro Subandrio dan Narasumber dari INIXINDO Yogyakarta.

Bupati Demak, Eisti’anah menekankan bahwa digitalisasi melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sudah mendesak untuk diterapkan, karena hal itu merupakan bagian dari upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan.

Sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari Inixindo Yogyakarta itu, diikuti secara daring atau luring, oleh perwakilan dari semua OPD di Pemkab Demak. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa digitalisasi, merupakan konsekuensi dari perkembangan teknologi, sekaligus tuntutan dari reformasi birokrasi.

“Untuk mendukung program SPBE, tentu perlu adanya perubahan pola pikir dan budaya kerja sumber daya manusia di masing-masing OPD, disertai peningkatan kompetensi, salah satunya yaitu seperti sosialisasi GCIO hari ini,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, GCIO ini berperan strategis untuk memadukan teknologi dan sistem informasi, dengan aspek-aspek manajemen lainnya, agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi pemerintahan.

GCIO ini merupakan eksekutif, yang bertanggung jawab atas perencanaan, penyelarasan, penyiapan, implementasi dan evaluasi TIK di dalam organisasi.

“Mengingat petingnya jabatan tersebut, dukungan kompetensi yang sesuai dengan tugas dan fungsinya sangat diperlukan, untuk mendorong adanya peningkatan pelayanan publik. OPD yang terlibat dalam pelayanan publik ini tentunya harus mampu melayani masyarakat dengan mudah, terbuka, dan cepat,” lanjutnya.

“Di beberapa OPD telah memiliki aplikasi tersendiri, tapi setelah dilakukan pengecekan ternyata masih mudah bocor atau dimasuki cyber-cyber yang kurang bertanggung jawab. Untuk itu melalui pelatihan ini sama-sama kita perbaiki semuanya,” kata Bupati.

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan panyampaian materi oleh Bapak Mustofa dari Inixindo Yogyakarta.