Highlight

BKPP KABUPATEN DEMAK MENGIKUTI JALAN SEHAT HARI KOPERASI KE-75 TAHUN 2022

 Demak, 05 Agustus 2022 hari Jum'at Pukul 07.00 WIB Bertempat di Stadion Pancasila Kabupaten Demak dilaksanakan kegiatan Jalan Sehat Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022. Kegiatan tersebut di Buka oleh Bupati Demak Ibu dr. EISTI'ANAH, SE Didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Demak. Kegiatan Jalan Sehat ini dalam rangka hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022. Rute yang ditentukan mulai stadion pancasila arah terminal demak belok kiri ke Perumahan Bhina Bakti Praja terus ke Stadion Pancasila Finish. BKPP Kabupaten Demak mengikuti kegiatan jalan sehat ini di pimpin oleh Plt. Kepala BKPP Kabupaten Demak Ibu HERMININGSIH, S.Sos, M.Si dan diikuti sejumlah karyawan dan karyawati BKPP Kabupaten Demak.

Jalan santai merupakan salah satu aktivitas fisik yang banyak digemari orang. Tak hanya murah dan mudah dilakukan, ada beragam manfaat jalan santai untuk kesehatan yang juga dapat Anda peroleh.

Meski terkesan sederhana, kebiasaan sering jalan kaki atau jalan santai menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat jalan santai untuk kesehatan

Meski terdengar tidak mungkin, berjalan santai benar-benar memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. Menurut Kemenkes, berikut ini daftar manfaat yang bisa didapatkan dengan berjalan santai setiap hari:

1. Memperpanjang hidup

Jalan santai dapat memperpanjang hidup Anda.  menemukan bahwa berjalan santai dengan kecepatan normal dapat mengurangi risiko kematian sebanyak 20 persen!

2. Menjaga daya tahan tubuh

Tidak perlu khawatir cepat tertular pilek dan flu. Rutin jalan santai dapat meningkatkan sistem imun dan membantu mencegah flu dan pilek. Anda dapat melakukan jalan santai di dalam ruangan bila udara di luar dingin.

3. Membakar kalori

Memiliki berat badan ideal tidak harus ditempuh dengan olahraga berat. Anda bisa membakar kalori hanya dengan jalan santai! Tentunya pembakaran kalori bergantung dari kecepatan jalan dan jarak yang ditempuh. Lakukan dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Menambah energi

Jalan santai mampu meningkatkan kadar oksigen dan hormon-hormon yang menambah energi dalam tubuh, seperti epinephrine, norepinephrine, dan kortisol. Jadi hindari kopi di pagi hari sebagai cara untuk mendapatkan energi pagi Anda.

5. Menurunkan kadar gula darah

Menurut sebuah penelitian, Jalan santai selama 15 menit sebanyak tiga kali sehari seusai makan ditemukan mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Meskipun demikian, masih diperlukan riset untuk memastikan manfaat jalan santai terhadap kadar gula darah.

6. Melindungi otot jantung

Menjaga otot jantung tidaklah sulit, menurut sebuah studi, cukup dengan berjalan setidaknya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu mampu menurunkan peluang Anda mengalami penyakit jantung koroner.

7. Membentuk otot paha

Jangan salah. Jalan santai juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Anda dapat berjalan santai di tempat menanjak atau rute dengan tangga untuk bisa melatih otot paha.

Akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan olahraga ketahanan lainnya, seperti squat, lunges, dan sebagainya.

8. Meringankan nyeri sendi

Punya masalah dengan persendian? Anda bisa menerapkan jalan santai dengan jarak delapan sampai sembilan kilometer per minggunya dapat mencegah dan meringankan radang sendi. Tapi jangan lupa ukur kekuatan Anda, jika malahan terasa nyeri, segeralah beristirahat.

9. Membantu berpikir

Sedang ruwet dan butuh ide baru? Coba berjalan santai untuk membuka pikiran Anda. Peningkatan aktivitas fisik berupa berjalan mampu meningkatkan kreativitas dan membantu memunculkan ide-ide baru.

10. Memperbaiki suasana hati

Tidak hanya secara fisik, Anda juga bisa menuai manfaat jalan santai untuk psikis. Jalan santai selama 30 menit sebanyak tiga kali sehari dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkat kepercayaan diri.

11. Mencegah stroke

Jalan santai ternyata mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit stroke. Hal ini ternyata diketahui efektif jika dilakukan secara rutin 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap hari.

Selain mencegah dan menurunkan risiko terkena stroke, jalan santai juga ternyata bagus untuk mempercepat proses pemulihan pada penderita stroke.

(BKPP Korpri)