Highlight

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEGAWAI BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI "EVALUASI NSPK TAHUN 2024" BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN DEMAK DI FAVE HOTEL MALIOBORO YOGYAKARTA

      Yogyakarta, 27 September 2024 hari Jum'at pukul 14.00 WIB bertempat di Fave Hotel Malioboro Yogyakarta dihari pertama dilaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Berdasarkan Tugas dan Fungsi " Evaluasi NSPK Tahun 2024" Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak Ibu Herminingsih, S.Sos, M.Si didampingi Sekretaris dan Kepala Bidang. Peserta yang menghadiri Aparatur Sipil Negara dan Non ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut dihadiri Narasumber dari Kantor Regional I BKN Yogyakarta Bapak Muh Jisron, S.IP, MM Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg I BKN dan Bapak Ridwan.
     Materi yang disampaikan Bapak Ridwan berjudul "Pengawasan dan Pengendalian Implementasi NSPK Manajemen ASN" disini di berikan rincian Perubahan Jumlah indikator Indeks NSPK Manajemen ASN 2023 per elemen.Elemen Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan dari 6 menjadi 4, Jabatan dari 17 menjadi 10, pengembangan karir 4 menjadi 6, pola pikir 2 menjadi 1, penghargaan dari 2 menjadi 3, cuti 3 menjadi 2 dan pensiun 2 menjadi 1. Indikator yang wajib dipenuhi di Indeks NSPK Tahun 2023 adalah ada 18 Elemen manajemen ASN, 77 Indikator, 223 Dokumen dan 32 Indikator Wajib serta 45 Indikator Kondisional. Informasi Umum indeks NSPK 2023 Ukuran Dokumen yang dapat diupload adalah maksimal 10 MB dengan format PDF/ Word/Excel/JPG, Apabila ukuran dokumen lebih dari 10 MB, dokumen dapat diupload pada google drive dan link-nya dituliskan pada kolom "keterangan penginputan". Pengawasan dan pengendalian NSPK Manajemen ASN tidak hanya berdasarkan dokumen yang di upload oleh instansi, juga mempertimbangkan pengaduan, permasalahan kepegawaian yang belum ditindaklanjuti oleh instansi, data pembanding BKN. 
 
Kesalahan umum yang sering terjadi diantaranya :
1. Memilih jawaban "tidak ada" pada indikator wajib
2. Memilih jawaban "tidak" pada indikator kondisional (seharusnya memilih "tidak ada")
3. Sampling nama yang diunggah antar dokumen tidak linier
4. Tidak Semua dokumen diunggah dan tidak memilih opsi jawaban apapun
5. Dokumen yang diunggah bukan dokumen terbaru
6. Tidak mengunggah semua dokumen
 
Upaya Peningkatan Nilai Indeks NSPK penilaian Tahun 2024
1.  Penguatan kembali kerja sama antar PIC dalam pendokumentasian dokumen indeks 
     NSPK
2.  Penguatan kembali komunikasi antar instansi terkait data dukung dalam dokumentasi 
     indeks NSPK
3.  Menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi dan memastikan setiap 
     indikator yang sifatnya wajib terdokumentasi dengan optimal
4.  Melakukan penyelesaian dokumentasi indeks nspk tahun 2024 Sebelum bulan November 
     tahun 2024 
5.  Melakukan perbaikan data sebelum dilakukan penilaian sementara oleh Audiman
 
(BKPP-Korpri)