Highlight

Abaikan Protokol Kesehatan, Positif COVID-19 di Sumut Meningkat

Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara terus mengalami peningkatan signifikan dari hari ke hari. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, hingga Kamis (21/5/2020), jumlah pasien positif bertambah sebanyak 23 orang sehingga total menjadi 273 orang.
"Untuk pasien positif, terbanyak ada di Kota Medan dengan 186 orang, kemudian Kabupaten Deli Serdang dengan 32 orang dan Kota Pematangsiantar sebanyak 14 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, dr Whiko Irwan, di Medan, Kamis (21/5/2020).
Menurut Whiko, pertambahan data pasien positif tersebut menunjukkan bahwa masih banyak warga mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid19. Seperti tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak fisik, tidak menghindari keramaian, dan tidak mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas.
Whiko Irwan menambahkan, selain pasien positif, jumlah pasien meninggal dunia juga bertambah menjadi 31 orang dan pasien sembuh juga bertambah 10 orang menjadi 87 orang. Sedangkan PDP berkurang menjadi 193 orang.
Sementara itu, untuk kasus kasir Supermarket Berastagi yang positif terinfeksi Covid-19, hingga kini tim GTPP Covid-19 Sumut masih melakukan penelusuran untuk mencari sumber penularannya.
sumber rri.co.id