Highlight

BULOG : Stok Beras Jelang Idul Fitri Aman


Perum BULOG memastikan stok beras di seluruh wilayah Indonesia hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H ataupun saat pandemi Covid-19 masih terjadi dalam kondisi aman.
"Tidak perlu khawatir, bahwa seluruh stok yang ada di seluruh wilayah Indonesia sudah dalam kondisi aman dan tercukupi," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik BULOG, Tri Wahyu Saleh di Graha BNPB Jakarta, Minggu (17/5/2020).
Wahyu mengatakan, dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama PandemI Covid-19, BULOG telah diminta pemerintah untuk tetap mempertahankan stok cadangan beras pemerintah (CBP) sekitar 1 hingga 1,5 juta ton.
"Itu yang sedang kami laksanakan, sehingga kami tetap mempertahankan untuk penyerapan gabah dan beras, di mana saat ini BULOG masih melakukan penyerapan kurang lebih hampir 15.000 ton per hari. Itu kami pertahankan, dan mudah-mudahan puncaknya nanti di Juni kita bisa menyerap sekitar 25 hari," terang Wahyu.
Sebagai informasi, saat ini BULOG memiliki 1,4 juta ton stok beras yang tersimpan di gudang BULOG di seluruh Indonesia. Adapun lokasinya tersebar di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Banten.
Lokasi dari gudang-gudang tersebut juga telah mendekati pintu distribusi kapal yang utama sehingga pelaksanaan distribusi atau penyebarannya aman.
"Sehingga kami yakinkan dan pastikan bahwa sebaran stok pemerintah dalam kondisi aman," katanya.