Highlight

Es Teh Minuman Andalan Berbuka, Sehatkah?


Rasa dahaga seharian menahan haus tentu akan seketika hilang jika berbuka dengan yang dingin, seperti es teh manis.
Namun apakah berbuka dengan es teh manis baik untuk kesehatan. Ternyata kandungan gula yang banyak dan tidak alami, membuat es teh tidak disarankan untuk berbuka.
Dikutip dari sehatq, menu berbuka melepas dahaga yakni dengan meminum air putih. Serta disarankan untuk kesehatan adalah mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah mengandung gula alami.
Sementara itu, rasa manis yang ada pada es teh berasal dari pemanis atau gula tambahan. Belum lagi, es teh kemasan yang kandungan gulanya umumnya jauh lebih tinggi dari rekomendasi asupan gula harian.
Gula yang berlebih akan memicu berbagai gangguan pada kesehatan. Diantaranya menjadikan tubuh lemas dan lelah saat berpuasa, menaikkan berat badan, dan perut kembung.
Untuk memilih menu sehat saat berbuka, maka disarankan mengkonsumsi makanan, seperti.
1. Kurma
Tidak hanya mengandung gula alami yang baik untuk mengisi energi yang hilang selama puasa, kurma juga mengandung komponen lain yang bermanfaat. Buah yang satu ini kaya akan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan yang baik untuk tubuh. Kurma juga merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.
2. Sup
Sup merupakan makanan yang ideal untuk berbuka puasa. Sebab sup yang hangat membuat perut terasa lebih nyaman. Pilihan sup yang sehat bisa dengan memasukkan berbagai bahan seperti tahu dan sayur-sayuran.
4. Nasi merah dan sumber karbohidrat lain
Nasi merah, roti gandum, atau mie yang terbuat dari gandum juga sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa. Sebab, makanan-makanan ini akan memberikan energi untuk tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan serat dan mineral. Gula yang didapatkan dari karbohidrat kompleks ini juga akan bertahan lebih lama di tubuh sehingga tidak akan membuat Anda merasa lemas saat berpuasa.
5. Daging
Tidak hanya dari gula dan karbohidrat, energi juga bisa didapatkan dari protein. Pilihlah daging yang sehat seperti dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan ikan. Anda juga bisa menambah asupan protein lewat konsumsi susu dan kacang-kacangan.
sumber rri.co.id