Highlight

Kiat Hindari Ngantuk Saat Puasa


Mengantuk saat siang bulan puasa merupakan hal yang sangat wajar. Hal itu dapat disebabkan karena orang yang berpuasa memiliki pola tidur dan pola makan yang berubah.
Meski demikian, ngantuk saat berpuasa ternyata dapat dicegah. Dari sehatq, berikut beberapa tips cegah mengantuk saat puasa.
Pertama menghindari cahaya sebelum tidur yang dapat merusak siklus tidur. Untuk itu hindari pemakaian gadget sebelum tidur. Setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, hentikan pemakaian smartphone, tablet, laptop, maupun TV.
Kedua dengan menciptakan kamar tidur yang ideal.Beberapa caranya menggelapkan ruangan, tenang, dan sejuk. Kamar tidur yang nyaman dapat membantu tidur lebih baik.
Selanjutnya tidur dapat lebih nyenyak dengan berwudu dan zikir. Wudu akan membantu menurunkan suhu tubuh yang akan mempercepat datangnya rasa kantuk. Melantunkan ayat Al Quran dan zikir dapat menimbulkan efek menenangkan seperti meditasi, yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.
Kemudian menghitung durasi tidur yang cukup. Setidaknya empat sampai lima jam. Tidur siang atau sore dengan durasi 15-30 menit sudah cukup untuk mengatasi rasa mengantuk saat puasa.
Lalu dengan mengatur kebiasaan tidur seperti posisi tidur, jadwal tidur, dan apa yang dilakukan sebelum tidur dapat membantu untuk mengurangi mengantuk saat puasa. Posisi tidur yang direkomendasikan adalah tidur menyamping ke arah kanan dengan tangan kanan di bawah pipi kanan.
Keenam dengan menghindari konsumsi kafein sebelum tidur. Setidaknya empat sampai enam jam sebelum tidur. Kemudian mendapat porsi cahaya matahari. Sebab dapat membuat siklus tidur menjadi lebih teratur. Setidaknya biarkan diri terpapar cahaya matahari pagi selama kurang lebih 10 menit.
Terakhir adalah pola makan yang sehat dan seimbang. Jangan makan sekaligus banyak saat buka puasa dan berhenti makan setidaknya dua jam sebelum waktu tidur.