Highlight

BKN Sediakan Laman Simulasi CAT Bagi Calon Peserta Seleksi Dikdin

Humas BKN, Berbeda dengan peserta yang mengikuti penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mayoritas yang mengikuti seleksi penerimaan Calon Siswa Sekolah Pendidikan Kedinasan (Dikdin) merupakan lulusan baru dari tingkat SMA/sederajat yang belum memiliki pengalaman terhadap metode seleksi yang digunakan. Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Paryono, di ruang kerjanya, Jumat (12/6/2020).
Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono. Doc: BHHK
Lebih lanjut, Paryono mengatakan salah satu faktor penentu kelulusan pada sebuah seleksi adalah kemampuan adaptasi terhadap metode seleksi yang digunakan. “Selain kompetensi, kemampuan peserta beradaptasi dengan metode seleksi menjadi penting. Apabila sudah menguasai metodenya, peserta hanya cukup fokus pada sisi kompetensi, yakni menjawab soal yang ada,” terang Paryono.
Pada pelaksanaan penerimaan Calon Siswa Sekolah Kedinasan Tahun 2020, Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali dipercaya menjadi salah satu metode seleksi yang akan digunakan. Untuk itu, “BKN mengimbau kepada calon peserta, yang nantinya lulus seleksi administrasi, dapat melakukan simulasi tes dengan metode CAT BKN melalui kanal resmi BKN, yakni cat.bkn.go.id,” ucap Paryono. Dengan begitu, “Peserta bisa merasakan pengalaman menggunakan aplikasi CAT BKN, mulai dari sisi _user interface_ atau tampilannya, letak fitur yang tersedia dan fitur-fitur yang lainnya,” tambah Paryono.
Terakhir, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN Efni Surayadi menjelaskan untuk mencoba simulasi pada portal cat.bkn.go.id, peserta harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. “Untuk jumlah akun yang dapat melakukan pendaftaran per hari mencapai 2000. Dengan kuota akses mencapai 1200 di waktu yang bersamaan,” pungkas Efni.
sumber www.bkn.go.id