Highlight

Kedeputian Mutasi BKN Canangkan Komitmen Implementasi Zona Integritas

Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pencanangan yang disertai dengan Gelar Komitmen ZI itu dilaksanakan pada Rabu (03/06/2020) di BKN Pusat. Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.
“Pencanangan ini tidak berhenti pada penegasan komitmen saja, tetapi harus segera diikuti dengan penyusunan rencana aksi yang konkrit,” tegas Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Aris Windiyanto pada sambutannya. Selanjutnya, sambung Aris, Kedeputian Mutasi Kepegawaian memiliki peran penting di BKN dalam memberikan pelayanan langsung kepada instansi dalam hal mutasi kepegawaian mulai dari penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP), kenaikan pangkat, pindah instansi sampai dengan pemberhentian atau pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain itu, sambung Aris, setelah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diangkat, Kedeputian Mutasi Kepegawaian BKN juga memberikan pelayanan dalam hal pengelolaan ASN PPPK. “ Penting bagi kita untuk memegang teguh dan mengembangkan nilai-nilai integritas yang menjadi komitmen kita bersama. Dengan komitmen yang dicanangkan ini, diharapkan dapat menjadi nilai-nilai yang akan tetap melekat pada diri kita masing-masing,” tambahnya.

Selanjutnya, Inspektur BKN Darmuji dalam arahannya menyampaikan Lima Strategi yang harus dilakukan dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kedeputian Mutasi Kepegawaian BKN, yakni : 1. Komitmen pimpinan dan seluruh pegawai untuk memiliki semangat visi, mindset dan budaya bersama; 2. Meningkatkan kinerja pelayanan; 3. Menciptakan program-program kegiatan yang inovatif dan berbasis teknologi; 4. Monitoring dan evaluasi berkala; dan 5. Seluruh kegiatan dalam zona integritas harus terpublikasi dengan baik.
Terakhir, dalam pencanangan ZI ini Aris menegaskan bahwa komitmen pencanangan ZI merupakan langkah dan upaya penting sebagai cerminan tekad dan komitmen untuk meningkatkan Kedeputian Mutasi Kepegawaian menjadi zona yang berintegritas sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
sumber www.bkn.go.id