Highlight

10 Cara Cegah Penularan Corona di Kantor

Penyebaran virus Corona kini menjadi isu besar yang menarik perhatian dunia. Hal ini membuat berbagai banyak pihak, termasuk perusahaan di berbagai negara mengeluarkan kebijakan sebagai tindak antisipatif mengatasi penyebaran virus ini. 
Apalagi saat ini pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan tatanan kehidupan baru. Lantas, kebijakan apa saja yang dikeluarkan perusahaan sebagai cara mengatasi penyebaran virus Corona di kantor? Simak di sini selengkapnya. 
1. Membawa bekal dari rumah atau membeli makanan di kantin yang bersih dan higienis
Daya tahan tubuh yang kuat dapat membentengi tubuh dari virus atau dengan kata lain, virus hanya menyerang sistem imun yang rendah. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. 
Dengan demikian, karyawan Anda dianjurkan membawa bekal dari rumah atau jika tidak sempat masak cukup membelinya di kantin (higiene sanitasi kantin). Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan makanan yang masuk ke dalam tubuh terbebas dari kontaminasi virus atau bakteri patogen yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.
2. Cuci tangan dengan sabun setelah dari toilet
Langkah efektif yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus corona adalah rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik selama 30 detik. Menurut WHO, cuci tangan dengan sabun secara benar dapat menangkal berbagai virus dan bakteri patogen. Tangan yang merupakan anggota butuh dapat menjangkau semua anggota tubuh lainnya sehingga sangat menentukan kesehatan tubuh.
3. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer secara rutin
Cuci tangan dengan sabun tentu tidak dapat dilakukan di semua tempat. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk memastikan tangan tetap bersih maka Anda perlu siap sedia hand sanitizer di dalam tas atau di kantor. 
Namun, kondisi tangan yang sangat berminyak dan kotor (setelah berkebun, makan atau berolahraga) tidak efektif jika dibersihkan dengan hand sanitizer, karena zat aktif yang terkandung di dalamnya tidak dapat bekerja secara optimal dalam menghilangkan virus dan bakteri patogen.
4. Gunakan masker bila batuk atau pilek.
Saat flu, daya tahan tubuh menurun sehingga risiko terserang virus atau penyakit lain lebih besar. Oleh karena itu, salah satu cara efektif meminimalkan risiko tersebut yaitu menggunakan masker. Bukan hanya untuk orang sakit flu, masker juga disarankan untuk orang sehat sebagai alat proteksi diri dari penyebaran virus seperti virus corona.
5. Tutup mulut menggunakan lengan atau tisu ketika bersin
Cara efektif mencegah tersebarnya virus yaitu jika Anda bersin tutup mulut menggunakan lengan. Menurut dokter Cissy B. Kartasasmita, Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) menyatakan kebanyakan orang saat bersin menutup mulut dengan telapak tangan, padahal hal ini salah. 
Sebab, telapak tangan tersebut selalu digunakan untuk bersalaman dengan orang lain dan menyentuhkan serta menggunakan peralatan kantor, sehingga sangat memungkinkan virusnya menyebar dan menginfeksi orang lain.
6. Pasang air purifier di kantor jika memungkinkan
Medium tempat penyebaran virus adalah udara. Sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan tempat karyawan beraktivitas harus selalu bersih dan bebas dari kontaminasi mikroorganisme berbahaya termasuk virus. Salah satu teknologi terkini yang dapat memperbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan adalah air purifier. 
Alat ini juga disandingkan dengan teknologi plasmacluster yang terbukti dapat menonaktifkan jenis virus corona yaitu feline corona virus (FCoV). Jika memungkinkan, air purifier dapat dipasang di kantor Anda untuk memberikan karyawan rasa aman dan nyaman saat bekerja.
7. Jangan menyentuh wajah terutama mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan
Anggota tubuh yang dapat menjangkau area wajah khususnya mata, hidung dan mulut adalah tangan. Oleh karena itu, setelah menggunakan atau menyentuh peralatan kantor yang bersifat umum sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum memegang wajah. Kenapa? Karena jalur masuk virus untuk menginfeksi tubuh terdapat di mata, hidung, dan mulut.
8. Hindari berbagi penggunaan barang pribadi dengan sesama rekan kantor
Umumnya karyawan sebelum datang ke kantor harus melewati beberapa daerah dan kerumunan orang selama di perjalanan. Karyawan tersebut tidak dapat dijamin terbebas dari kontaminasi virus. 
Dengan demikian, untuk meminimalisir karyawan lain terinfeksi virus yang dibawa dari luar adalah menghindari penggunaan barang pribadi seperti tempat minum, sendok, dan lain sebagainya.
9. Jaga kebersihan benda atau peralatan kantor yang sering digunakan
Peralatan kantor yang sering digunakan selama bekerja seperti laptop, telepon kantor, telepon genggam, dan sebagainya harus secara rutin dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan karyawan agar dapat menangkal virus dan bakteri patogen masuk ke dalam tubuh.
10. Segera ke fasilitas kesehatan jika batuk, pilek, dan sesak nafas
Jika karyawan Anda mengalami batuk, pilek dan sesak nafas saat berada lingkungan kantor, segera bawa ke fasilitas kesehatan atau hubungi petugas kesehatan yang berwenang.
sumber rri.co.id