Highlight

Corona Menular Lewat Udara, WHO Siapkan Pedomannya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Selasa mengakui adanya "bukti yang muncul" terkait penyebaran virus korona melalui udara, setelah sekelompok ilmuwan menulis surat yang mendesak badan global ini memperbarui pedomannya tentang bagaimana penyakit pernapasan ini menyebar.
Seperti dikutip dari NBC News, Rabu (8/7/2020), berbicara dalam sebuah pengarahan di Jenewa, Dr. Benedetta Allegranzi, pakar WHO, mengatakan organisasi ini "telah membuka diri terhadap bukti mode transmisi" virus baru.
Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk COVID-19, mengatakan pada Selasa (7/7/2020) bahwa organisasinya telah terlibat aktif dengan para ilmuwan yang menulis surat soal transmisi lewat udara ini.
COVID-19 diperkirakan menyebar sebagian besar melalui tetesan dari pernapasan, biasanya dari bersin atau batuk. Tetapi para ahli juga mengatakan partikel virus kecil dapat menyebar saat menyanyi, berbicara keras atau bernafas berat. Jadi, ketika banyak bisnis di seluruh dunia dibuka kembali dan ketika orang-orang mempertimbangkan untuk berkumpul di ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk, mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang bagaimana penyebaran virus corona itu penting.
WHO sedang mengerjakan ringkasan ilmiah yang meringkas apa yang diketahui tentang penularan virus corona, kata Van Kerkhove. Ringkasan tersebut akan dirilis dalam beberapa hari mendatang.
SUMBER rri.co.id