Highlight

Ini Tanda-tanda Anda Kurang Air Putih

Minum banyak air putih bagi sebagian orang memang banyak sekali manfaatnya, apalagi untuk tubuh kita, minum air putih itu dapat membantu untuk membersihkan racun di dalam tubuh dan menghasilkan cairan, seperti halnya keringat, bisa juga menjaga kelembapan tubuh agar kulit kita tetap terus tampak lebih muda dari usianya.
Namun, jika tubuh kekurangan air putih, maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut bisa memberikan dampak bagi kesehatan tubuh kita seperti sakit kepala atau kulit kering.
Untuk anda yang ingin mengetahui tanda-tanda dehidrasi, RRI telah merangkum beberapa jenis dehidrasi yang di rasakan di dalam tubuh kita, diantaranya:
1. Kulit kering
Salah satu cara untuk mengetahui apakah anda kurang minum air atau tidak adalah dengan melihat kulit anda. Air sangat penting untuk semua organ manusia, termasuk kulitnya.
Ketika kita mengalami dehidrasi maka tubuh tidak dapat bekerja dengan baik dan mengeluarkan racun. Tanpa kelembaban yang cukup, kulit menjadi kusam dan kering. Maka dari itu dengan minum air yang banyak, tubuh dapat mengeluarkan racun dan mengisi kembali jaringan kulit yang mati. Kulit juga akan semakin kenyal dan terhidrasi.
2. Bau mulut
Bau mulut juga merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan cairan. Air liur yang diciptakan oleh tubuh berguna untuk membersihkan, melumasi, serta membunuh bakteri di mulut.
Jika kita kurang minum air, maka mulut tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup untuk menghilangkan bakteri. Saat bakteri mulai berkembang biak, napas akan menjadi bau.
3. Sakit kepala
Gejala umum tubuh kekurangan air adalah sakit kepala. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, jaringan otak kehilangan air yang mengakibatkan penyusutan otak sementara.
Ketika itu terjadi, otak berkontraksi dari tengkorak kita, memicu reseptor rasa sakit yang mengakibatkan sakit kepala. Dehidrasi juga mengurangi volume darah dalam tubuh. Kondisi itu bisa memicu aliran darah dan oksigen ke otak berkurang, hingga timbul sakit kepala.
4. Mood mudah berubah dan tidak fokus
Suasana hati atau mood yang mengalami perubahan juga merupakan salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi. Dengan mood yang mudah berubah, anda menjadi kehilangan konsentrasi.
(Mood berubah karena dehidrasi) ini mempengaruhi bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana kita melakukan di tempat kerja, bagaimana kita berolahraga, belajar, bahkan mengemudi.
5. Tidur tidak nyenyak
Tidur bisa terganggu, jika tubuh kurang minum air. Tubuh yang dehidrasi dapat menyebabkan mendengkur, saluran hidung kering, dan kaki keram, sehingga tidur menjadi terganggu.
Kita pun disarankan minum air yang cukup sebelum tidur. Untuk mencegah bangun di tengah malam gara-gara minum air sebelum tidur, Allred punya tipsnya, yakni cukup minum air dalam jumlah yang ideal dengan berat tubuh sebelum pukul 20.00 malam.
Ini memungkinkan tubuh tetap terhidrasi, kesehatan ginjal terjaga, kulit semakin sehat, serta tidur menjadi nyenyak.
Sebenarnya berapa banyak tubuh manusia memerlukan cairan agar tidak terkena dehidrasi yang dapat mengancam kesehatan?
Menurut European Food Safety Authority, kebutuhan harian air putih antara pria dan perempuan berbeda. Pria setidaknya harus meminum 2 liter air, sedangkan perempuan memerlukan sebanyak 1,6 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Ukuran tersebut setara dengan 4 botol untuk pria dan sekitar 3 botol untuk perempuan.
Selain jenis kelamin, kebutuhan cairan juga dapat berubah karena beberapa faktor, seperti usia, pengaruh aktivitas harian, tempat tinggal, hingga aktivitas seks.
sumber rri.co.id