Highlight

Ratusan Ribu Obat Covid-19 Disebar di Jatim

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, mendapat support obat antivirus dari Persatuan Rumah Sakit BUMN atau Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC).
Obat Favipiravir atau avigan ini, diberikan kepada Pemprov Jatim sebanyak 100 ribu tablet. Yang merupakan obat antivirus sementara satu satunya yang dinilai terbukti secara klinis membantu penyembuhan pasien Covid-19.
Dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, selaku Koordinator Penelitian di Rumah Sakit IHC mengatakan, sementara obat ini mempunyai efektifitas dan efisiensi yang sangat baik untuk pasien pasien Covid-19.
"Obatnya sudah banyak menolong banyak orang. Di Jepang, obat ini adalah obat yang biasa digunakan seharusnya flu," ujarnya, Jumat (3/7/2020).
Obat ini diproduksi di Jepang, dan hanya tersisa 900 ribu tablet. Dan Indonesia berhasip mendapatkan 500 ribu tablet, dan 100 ribu diantaranya dikirimkan ke Jatim.
"Obat ini adalah obat yang bekerja aktif sebagai antivirus, satu-satunya obat aktif yang kita punya sebagai antivirus sekarang yang diberikan secara oral," ucapnya.
Dr. Dante menuturkan, hasil analisis saat ini menunjukkan hasil yang bagus, antara lain adalah konversi foto rontgen dan CT Scan yang bisa berubah membaik setelah 7 hari pengobatan itu, sekitar 63% - 67%.
"Jadi, kalau obat ini bisa digunakan pada daerah-daerah yang membutuhkan, seperti Jawa Timur, maka obat ini akan sangat efektif sekali membantu pasien pasien ditempat daerah pandemic," imbuhnya.
Secara teknik, lanjut dr. Dante, obat ini dipakai untuk satu pasien memerlukan 52 tablet untuk 1 kali treatment. Sehingga, dengan bantuan 100 ribu tablet, dihatapkan dapat digunakan untuk sekitar 2000 pasien.
"Mudah mudahan obat ini bisa bermanfaat untuk temen-temen," tambahnya.
Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima bantuan ini dengan senang hati. Dengan harapan, bantuan bantuan ini dapat meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian.
"Semua punya atensi yang sama. Bagaimana memberikan layanan terbaik meningkatkan kesembuhan menurunkan kematian," tandasnya.
sumber