Highlight

Resep Rumahan Ayam Fried Chicken Ala KFC

Siapa sih yang nggak suka dengan ayam goreng tepung yang di jual di KFC? Ayam goreng yang memiliki banyak penggemar tersebut tak hanya enak, tetapi juga renyah.
Seperti diketahui banyak orang bahwa ayam goreng ala restoran cepat saji KFC memang menjadi favorit banyak masyarakat di Indonesia. Rasanya yang gurih dengan bumbu yang begitu meresap hingga ke bagian dalam, serta teksturnya yang renyah dan juicy membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan.
Namun, jangan salah jika kalian ingin mencoba membuatnya dirumah, ternyata ada rahasia khusus yang membuat ayam KFC cukup istimewa lho. Resep yang diambil dari Channel Youtube Chef William Ghozali, berikut ini bisa kalian praktekan dirumah dengan bahan yang mudah juga. 
Berikut bahan-bahan dan cara membuat Ayam Goreng Rumahan Ala KFC:
Bahan:
1 ekor ayam negeri dipotong 8 bagian
1 liter susu
25 gram gula
25 gram garam
3 sdm cuka atau perasan lemon
Bumbu kering tepung:
500 gram tebung dengan protein sedang
1/3 sdm bubuk ketumbar
1/3 sdm bubuk cabai
1 sdm bubuk bawang putih
1 sdm bubuk bawang bombay
1/3 sdm daun oregano atau rosemary kering
1/2 sdt bubuk cengkeh
1/2 sdt bubuk jinten
1/2 sdm bubuk jahe
1/3 sdm bubuk lada hitam
1/3 sdm bubuk lada putih
2 sdt garam halus
1/3 sdm baking powder
Cara membuat:
1. Siapkan wadah, tuang 1 liter susu UHT full cream. Masukkan gula, garam cuka ke dalam wadah berisi susu. Aduk rata.
2. Masukkan potongan ayam satu persatu hingga semua bagiannya terendam. Tujuannya agar ayam empuk dan gurih.
3. Wrap wadah berisi rendaman ayam dengan plasti wrap. Simpan 8-24jam di dalam kulkas.
4. Buat adonan tepung, dengan memasukkan tepung ke dalam wadah. Lalu campurkan 8 jenis bubuk rempah, lada putih, baking powder dan garam. Aduk rata. Simpan pada wadah kedap udara dan keluarkan saat ingin menggoreng.
5. Setelah 24 jam ayam direndam, siapkan wadah besar untuk adonan tepung kering, serta mangkuk untuk adonan tepung basah yang terbuat dari tepung yang ditambahkan air, hingga benar-benar cair.
6. Selanjutnya, ambil ayam satu persatu, masukkan ke adonan tepung kering terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam adonan tepung basah, lalu kembalikan lagi ke dalam adonan tepung kering.
7. Masukkan secara merata ke adonan tepung goreng, sambil dipijat-pijat lembut agar tepungnya menempel ke bagian kulitnya.
8. Setelah semua ayam diberi tepung, siapkan panci atau pot untuk menggoreng ayam. Masukkan minyak yang banyak hingga nantinya ayam terendam seluruhnya, agar bisa crispy secara sempurna.
Pastikan minyak sudah panas, lalu goreng ayam hingga keemasan.
9. Letakkan pada wadah yang dilapisi tisu. Ayam goreng pun siap disantap.
sumber rri.co.id