Highlight

Solusi Ampuh Cegah Jerawat Saat Memakai Masker

Saat ini memang semua orang wajib menggunakan masker  untuk mencegah tertularnya virus corona, salah satu cara yang dapat  dilakukan untuk mencegah penularan adalah tetap mematuhi protokol  kesehatan.
Namun, ternyata terlalu sering menggunakan masker dapat menyebabkan  beberapa dampak buruk pada wajah. Salah satu hal yang paling rentan  terjadi adalah pertumbuhan jerawat. 
Maka dari itu, penting untuk anda mengetahui beberapa cara yang  ampuh untuk cegah jerawat saat pakai masker. Berikut adalah beberapa  cara yang dapat dilakukan:
1. Temukan Bahan Masker yang Tepat
Dikutip dari Halodoc, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk  cegah jerawat karena sering pakai masker adalah dengan menemukan  bahan masker yang cocok dengan wajah anda. 
Jika wajah anda rentan mengalami jerawat, ada baiknya untuk  menghindari masker yang terbuat dari kain seperti poliester karena  dapat menahan keringat. 
Penggunaan masker dengan lapisan bagian dalam dapat menyerang  keringat yang dapat menimbulkan jerawat.
Jika anda memiliki kulit yang sensitif, hindari kain dengan tekstur  yang kasar karena dapat menimbulkan iritasi. Cobalah untuk memilih  kain yang lebih lembut sebagai lapisan dalam masker agar tidak  menimbulkan banyak gesekan saat menempel di kulit. Namun, tetap  pastikan lapisan luarnya lebih tebal agar dapat tetap melindungi  dari virus penyebab penyakit.
2. Jangan Pakai Masker Berulang Kali
Sebaiknya anda tidak menggunakan masker secara berulang kali agar  jerawat dapat dicegah. Beberapa masker hanya dapat digunakan sekali,  tetapi beberapa lainnya dapat digunakan kembali dengan cara dicuci.
Jika anda menggunakan masker dengan bahan dasar kain, cucilah  dengan bersih agar tidak ada bakteri penyebab jerawat dan penyakit  lain yang menempel. Cobalah untuk membatasi penggunaannya hanya 4  jam, setelah itu ganti dengan masker kain lainnya.
3. Tetap Jaga Kebersihan Wajah
Anda juga dapat cegah jerawat saat sering pakai masker dengan cara  selalu menjaga kebersihan wajah. Sebelum menggunakan atau setelah  melepaskan masker, penting untuk mencuci wajah dengan pembersih yang  lembut dan bebas minyak agar dapat mencegah jerawat terjadi. 
Namun, anda tidak boleh melakukannya lebih dari dua kali dalam  sehari agar minyak pada kulit tetap terjaga.