Highlight

Tas Belanja Murah Pengganti Kantong Plastik

Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan akan berlaku efektif pada Rabu (1/7/2020) hari ini. 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan bahwa Pergub tersebut akan mewajibkan pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat untuk menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.
"Pemprov DKI Jakarta melarang penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di tempat-tempat tersebut," kata Andono dalam keterangannya pada Rabu (10/6/2020) lalu.
Plastik, merupakan jenis sampah anorganik yang susah terurai dalam tanah. Panjangnya rantai karbon yang dimiliki membuatnya baru bisa terurai setelah puluhan hingga ratusan tahun, hal ini mengakibatkan tanah dan laut tercemar. 
Selain lebih ramah lingkungan, kini sudah banyak dijual tas belanja dengan desain yang cantik. Namun, apa saja tas belanja yang saat ini bisa digunakan sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai? Berikut rekomendasi model tas belanja yang bisa anda pakai:
1. Eco Bag
Eco Bag merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah tas kantong yang terbuat dari bahan kain. Jenis bahan kain yang dipakai Eco Bag berasal dari material yang ramah lingkungan, seperti kain spunbond. 
Dibandingkan dengan kantong plastik, eco bag dinilai lebih awet dan memiliki sisi keunggulan tersendiri. 
2.  Tas jaring 
Saat berbelanja kebutuhan dapur ke pasar atau supermarket, sebaiknya Anda membawa tas khusus. Tas berjaring serupa noken khas Papua adalah jenis tas yang sangat cocok digunakan.
Tas ini mampu menyesuaikan dengan barang belanjaan yang anda bawa. Saat diisi sedikit barang ia akan terlihat kecil, namun ketika diisi banyak barang maka kapasitasnya akan tetap mencukupi.
Selain tas jenis jaring,anda juga dapat memakai tas berbahan poliester atau parasut yang mampu menahan air. Hal ini sebagai langkah antisipasi saat anda belanja daging atau ikan yang basah. Dengan tas jenis ini, air tidak akan merembes keluar. Anda pun bisa melanjutkan belanja ke tempat lain dengan nyaman.
3. Tote bag yang fashionable
Selain belanja kebutuhan rumah tangga, ada kalanya anda juga akan belanja stationery, fashion, makeup, atau benda-benda lain yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Untuk membawa barang-barang tersebut, tote bag yang manis sudah bisa dijadikan pengganti kantong plastik. 
Ia juga akan terlihat kece saat digunakan belanja sambil nongkrong di mall.
4. Gunakan Tas belanja dengan model yang trendi
Meski sedang berbelanja, tetap terlihat kece dan penuh gaya adalah sebuah keharusan! Apalagi jika Anda belanjanya di mall atau setelah belanja langsung nongkrong bersama di kafe fancy. Untuk itu, Anda memerlukan tas belanja dengan desain yang trendi.
Tote bag dan tas serut adalah dua dari sekian jenis tas belanja yang terlihat kece saat dipakai. Namun, perlu diingat agar jangan hanya mencari tas yang fashionable. Pilihlah tas yang berfungsi dengan baik untuk membawa barang belanjaan.
Dan ingat jangan lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai, karena selain merusak lingkungan sampahnya pun bisa menyebabkan pencemaran udara.
sumber rri.co.id