Highlight

Viral, Makan Mie Ayam Bayar Seikhlasnya

Di masa pandemi Covid-19 kebanyakan orang sedang memperbaiki perekonomian kehidupannya. Namun, kali ini berbeda dengan Restu Zulfikar, pria 26 tahun pemilik kedai Mie Ayam Marta di daerah Jakarta Selatan ini malah menjual mie ayam dengan membayar seikhlasnya.
Bertempat di lantai dasar Lotte Mart Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan, kisah dari Restu ini malah justru membuatnya viral di media sosial. Hal tersebut viral karena si pemilik kedai mendonasikan 20 persen pendapatan dari usaha restorannya, ditambah lagi ia memperkerjakan karyawan yang putus sekolah, serta memberdayakan ibu-ibu kepala keluarga di sekitar tempat tinggalnya.
Begitu pula dengan uang donasi dari mi ayam berbayar seikhlasnya dialokasikan untuk pemberdayaan ibu kepala keluarga, kaum dhuafa, dan memberikan pelatihan kepada anak putus sekolah. Saat dilansir dari Antaranews, Restu menjelaskan bahwa dirinya mengeluarkan konsep tersebut karena terinsipirasi dari sosok ibunya yang bernama Marta.
"Sejak kecil sudah merasakan hidup sebagai anak dari seorang ibu, yang sekaligus kepala keluarga dan saya anak tunggal dari orang tua tunggal," kata Restu yang dikutip dari Antaranews, Selasa (21/7/2020).
Selain itu, sejak dulu dirinyasering membantu ibunya berjualan di kawasan Blok M sekitar tahun 2016-2017. Dari pengalaman tersebut, Restu ingin memberdayakan ibu-ibu kepala keluarga lewat donasi yang dikumpulkannya dari mi ayam berbayar seikhlasnya.
"Dalam hati saya pernah berkata, kalau sukses nanti saya ingin hidup membantu orang lain, Karena saya ingin jadi kapitalis yang bermartabat," ujar Restu.
Kehidupan susah di masa kecil mengajarkan Restu untuk berbagi dan membantu sesama. Kesusahan yang dirasakannya bahkan pernah membeli sepotong ayam dimakan untuk dua hari. Sementara sang ibu selalu mengajarkan nilai-nilai berbagi kepada Restu, hingga membuatnya selalu tergerak untuk berbagi dengan sesama.
Tujuan Restu hanya satu. Walaupun dalam usaha perlu memikirkan keuntungan, tapi ia juga ingin setiap usaha yang dimilikinya punya manfaat untuk orang lain. Restu memiliki lima lini usaha, selain sebagai pemilik tiga restoran, yakni Nami Drill, Gudeg Marta dan Mie Ayam Marta serta aneka jus. Pria kelahiran Pontianak ini juga seorang distributor daging serta gula merah.
sumber rri.co.id