Highlight

Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta, Bergembiralah!

Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sedang menggodok kebijakan bantuan tunai bagi masyarakat terdampak Covid-19, khususnya para pekerja bergaji rendah.

Sri Mulyani mengutarakan, pemerintah sedang mengkaji pemberian bantuan kepada para pegawai yang bergaji di bawah Rp5 juta per bulan. 

Ditengarai, ada belasan juta pekerja dengan gaji sedemikian rupa. Tepatnya ada sekitar 13 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta di seluruh Indonesia.

"Pemerintah sedang mengkaji pemberian bantuan gaji kepada 13 juta pekerja yang memiliki upah di bawah Rp5 juta," kata Sri Mulyani kepada wartawan secara daring di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Anggaran yang disiapkan, kata dia, sekitar Rp31.2 triliun dan diharapkan dapat menjadi stimulus guna mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional.

Langkah ini harus diambil karena menurutnya sampai dengan Agustus 2020 ini, penyerapan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) masih jauh dari harapan Presiden Jokowi.

Besaran bantuan belum dibeberkan Sri Mulyani, namun bantuan tunai tersebut rencananya bakal diberikan selama lima bulan.