Highlight

Masjid Agung Demak Laksanakan Shalat Ied dan Qurban

DEMAK – Pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat besok (1/8/20) Masjig Agung Demak akan melaksanakan sholat Ied. Meskipun demikian pihak takmir akan menerapkan protokol kesehatan bagi para jamaah. Para jamaah yang memasuki area masjid diwajibkan memakai masker, dan pihak takmir akan menyiagakan petugas gugus tugas covid-19 di pintu gerbang.

Ketua Takmir Masjid Agung H. Abdullah Syifa saat dihubungi, Kamis (30/7/20) menyampaikan, petugas keamanan masjid akan memeriksa suhu tubuh dan menyemprotkan handzanitizer bagi jamaah yang memasuki areal masjid.
” Selain itu panitia juga akan mengatur jarak shof antar jamaah, dan bagi jamaah yang tidak menggunakan masker kami larang untuk masuk diarea masjid agung” Jelas ketua Takmir.

Adapun pelaksanaan sholat Idul Adha dijadwalkan pada pukul 06.30 wib. Bertindak sebagai imam shalat KM. Ismail fahmi AH, Khotib KH.Abdullah Syifa’ ( ketua rakmir) dan Bilal Ustadz Ahmad Faridhi.

Qurban

Abdullah Syfa juga menjelaskan bahwa iring iringan tumpeng sembilan dari Pendopo menuju Masjid ditiadakan namun pihak takmir tetap menyediakan tumpeng untuk selamatan bagi takmir dan panitia. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari akumulasi massa di malam takbir Idul Adha.

” Untuk sementara sampai saat ini ( kamis) hewan Qurban yang diterima berupa Sapi 6 ekor dan kambing 8 ekor. Rencana besok jumat akan ada kiriman 1 sapi lagi, pihak oanitia masih bisa menerima hewan qurban sebab untuk penyembelihan qurban dilaksanakan hari Sabtu sehar setelah hari raya” Jelas Abdulah Syifa.

Hal ini dilakukan mengingat hari raya jatuh pada Jumat, sehingga bila dilaksanakan akan terhenti kegiatanya untuk shalat Jumatan, pungkasnya.