Highlight

Sempat Mangkrak, Pembangunan Sarana Pendidikan Ini Selesai

 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui pembangunan infrastruktur pendidikan. Salah satunya dengan melanjutkan pembangunan Gedung Rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai di Provinsi Gorontalo yang sempat terhenti pada 2014.  Pembangunan SDM ini menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin 

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Senin (31/8/2020).

Gedung Rektorat IAIN Sultan Amai yang beralamat di Jalan Gelatik Kota Gorontalo mangkrak sejak 2011 dan dilanjutkan pihak rektorat, akan tetapi pekerjaannya kembali terhenti pada 2014. Dukungan diberikan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan melanjutkan pembangunan pada November 2019 dengan target selesai September 2020.  

Pembangunan gedung rektorat memiliki tinggi 16 meter, luas bangunan 1.243 m2 dengan luas lahan 7.839 m2 dikerjakan oleh kontraktor PT Anugerah Bangun Kencana dengan biaya APBN sebesar Rp21,8 miliar. Lingkup pekerjaannya meliputi pekerjaan arsitektur, struktur (konstruksi gedung), lansekap, mekanikal dan elektrikal, plumbing, rumah genset, dan kolam retensi untuk mendukung kebutuhan air baku. 

Selain menyelesaikan konstruksi gedung, Kementerian PUPR juga menambahkan fasilitas penunjang khususnya MEP seperti ketersediaan genset, lift, CCTV, AC, sound system, dan sistem Master Antena Televisi (MATV). Hingga 28 Agustus 2020, seluruh progres konstruksi telah mencapai 100% atau lebih cepat dari rencana selesai September 2020.

“Penanganannya kami sangat memperhatikan kehati-hatian dalam hal ini. Tentu kita harus awali dengan audit teknis kelayakan bangunan, kemudian dilakukan kajian teknis terhadap struktur bangunan, baru kemudian kita lakukan perencanaan teknis atau review terhadap perencanaan sebelumnya, sebelum kita membangun kembali,” tutur Direktur Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto. 

Selama masa Pandemi covid-19, pelaksanaan pembangunan dilakukan sesuai protokol pencegahan penyebaran covid-19, seperti menjaga jarak fisik, pembagian masker kepada pekerja, pengecekan suhu, penyemprotan desinfektan, penyediaan ruang isolasi, penyediaan hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan serta Inmen PUPR No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran COVID-19 dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Pekerjaan rehabilitasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kriteria pembangunan PTN dan PTKIN adalah tanah milik PTN, PTKIN atau Lembaga dan Kementerian terkait, bangunan tidak dalam sengketa atau masalah hukum, diprioritaskan bangunan yang kondisi tidak rampung lebih dari 50 persen, memiliki Amdal dan IMB, telah dilakukan audit dari BPKP dan audit kelayakan bangunan. 

sumber rri.co.id