Highlight

Fokus Kejar Target Vaksin Corona Dalam Negeri

  Pengamat politik dari Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago meminta, pemerintah fokus mengejar target pemenuhan vaksin pada masyarakat serta menghindari kontroversi. 

"Penemuan vaksin yang lulus uji klinis dalam negeri justru makin meningkat animo kepercayaan publik," kata Pangi, Jumat (22/10/2020). 

Ia mencontohkan adanya kontroversi politik terkait vaksin Covid-19, seperti yang terjadi di Brasil, bisa menjadi pelajaran.  

Pangi pun mendesak pemerintah agar fokus pada urusan pemenuhan vaksin dengan terus menjalin komunikasi publik yang baik kepada masyarakat. 

"Pro kontra vaksin layaknya yang terjadi di Brasil penting untuk dicegah. Karenanya seluruh pihak baik pemerintah bersama dengan stake holder terkait harus mendahulukan kepentingan masyarakat terkait dengan vaksin tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, isu terkait vaksin Covid-19 Sinovac berkembang menjadi komoditas politik di Brasil. Hal ini tak lepas dari pernyataan Presiden Brasil Jorge Bolsonaro yang menolak vaksin tersebut. Presiden yang sejak awal memandang enteng Covid-19 ini malah menyatakan enggan menjadikan vaksin sebagai bagian percobaan bagi rakyatnya. 

Namun sikap Bolsonaro ini mengundang kecaman dari sejumlah kalangan di Brasil. Sikap Bolsonaro dinilai terkait dengan rivalitas politiknya dengan gubernur Sao Paolo Joao Doria. 

Sao Paolo sendiri jadi wilayah yang ikut bekerja sama dengan Sinovac dalam mengembangkan vaksin lokal di Brasil. Akibat langkah proaktif ini, popularitas Doria naik di masyarakat. Hal inilah yang dinilai jadi pangkal dari manuver Bolsonaro menolak vaksin Sinovac.