Highlight

Gerakan Beli Cabai ASN BKPP Kabupaten Demak, Upaya Membantu Petani Cabai

 Demak, hari Rabu Tanggal 08 September 2021 Pukul 11.00 WIB Bertempat di BKPP Kabupaten Demak Menindak lanjuti Gerakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Beli Cabai di Lingkungan Pemkab Demak yang digagas Bupati Demak Eisti’anah, untuk membantu petani cabai agar tidak merugi. ASN Badan Kepegawaian,  Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak membeli cabe merah kriting dari Gapoktan Karya Makmur Desa Pasir Kecamatan Mijen sebanyak 38 kilogram.Dilaksanakan Acara Gerakan Beli Cabai yang di pimpin oleh Ibu HERMININGSIH, S.Sos, M.Si. Setiap ASN masing masing membeli 2 kg cabai dengan harga Rp. 10.000 / kg. Dan gerakan membeli hasil pertanian  tidak hanya kali ini saja dilakukan. Pada tahun tahun sebelumnya pun juga telah dilakukan gerakan tersebut untuk membantu petani. 

Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak, Ibu Herminingsih menyampaikan, gerakan ini merupakan wujud kepedulian ASN BKPP untuk meringankan beban petani cabai karena anjloknya hanga cabai yang cukup drastis.

“Petani adalah pejuang pangan yang amat berjasa bagi kita , terlebih pada saat pandemi seperti sekarang ini. Karena itu sudah selayaknya kita ASN bisa membantu meringankan beban mereka dengan ikut membeli produk petani Demak”Selain BKPP, lanjutnya, ASN dari OPD lain dan BUMD yang ada di Demak juga melakukan gerakan serupa. Masing- masing setiap orang membeli cabai sebanyak 2 kilogram, dengan harga perkilonya  Rp 10.000 rupiah.

“Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak harga cabai dari petani turun 6 ribu-7 ribu/ kilogram. Namun kami para ASN membelinya dengan harga 10 ribu perkilo,Dari langkah tersebut diharapakan, dapat menyerap hasil panen, sehingga harga dapat meningkat dan petani mendapat hasil yang pantas. Selain itu dapat sebuah inspirasi dan salah satu solusi dalam menstabilkan harga bahan pokok lainnya.