Highlight

LAPORAN AKTUALISASI LATSAR CPNS GELOMBANG 4 ANGKATAN 7 DAN 8 PEMKAB DEMAK ANGKATAN 125 DAN 126 TAHUN 2021

 Demak, 28 September 2021 hari Selasa Pukul 08.00 WIB Bertempat di BKPP Kabupaten Demak dilaksanakan Acara Laporan Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS Gelombang 4 Angkatan 125 dan 126 Tahun 2021. Pada seminar Laporan Aktualisasi ini, ia akan mengevaluasi rencana aktualisasi secara keseluruhan yabg telah disusun setiap peserta berdasarkan materi yang telah diterima pada kegiatan pelatihan.

Setelah mengikuti kegiatan seminar, peserta masuk pada tahapan off campus untuk mengimplementasikan RA selama 30 hari kerja. Hasil implementasi aktualisasi (habituasi) akan kembali diseminarkan di depan penguji, coach dan mentor pada akhir kegiatan pelatihan.

Seminar aktualisasi merupakan bagian dari salah satu Pelatihan Dasar CPNS. Pada evaluasi tersebut merupakan indikator penilaian diantaranya adalah kualitas penetapan isu, jumlah rencana kegiatan, kualitas rencana kegiatan, relevansi rencana kegiatan dengan aktualisasi dan teknik komunikasi.

Pelatihan Paling Dasar Calon PNS atau disingkat dengan Latsar CPNS adalah syarat bagi Calon Pegawain Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).Dalam peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2020 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat ASN/PNS. Salah satu jenis diklat adalah Latsar CPNS (Golongan I, II, III) yang merupakan syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS sesuai golongan tersebut. Latsar CPNS dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.