Highlight

PENERIMAAN MATERI PESERTA DIKLAT PELATIHAN DASAR CPNS TAHUN 2022 OLEH PENGAJAR BAPAK KOMPOL SUKADI, SH, MH POLRES DEMAK

Demak, Hari Rabu tanggal 15 juli 2022 pukul 19.30 WIB, Bertempat di Ruang Kelas Belimbing BKPP Kabupaten Demak  dalam rangkaian Diklat Pelatihan Dasar CPNS gelombang I (satu) dengan peserta sejumlah 80 (delapan puluh) orang disampaikan materi Diklat dengan Judul "PELAYANAN PUBLIK DENGAN PENDEKATAN AKHLAK" oleh Bapak Kompol SUKADI, S. H., M. H dari KABAGREN Polres Demak. Disini disampaikan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik adalah Undang-undang yang mengatur tentang prinsip2 pemerintahan yang baik yang merupakan efektifitas fungsi2 pemerintahan itu sendiri, Serta Pengertian Pungli adalah pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan atau dipungut dilokasi atau pada kegiatan tersebut tidak sesuai ketentuan, sehingga dapat diartikan sebagai kegiatan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk dapat membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil PNS di atas, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan dasar (latsar) yang mengarah kepada upaya peningkatan:

  • Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air.
  • Kompetensi teknis, manajerial, dan/atau kepemimpinannya.
  • Efisiensi, efektivitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

Dasar Hukum Latsar CPNS

  • Peraturan LAN No.1 Tahun 2021 Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil
  • Keputusan Kepala LAN Pedoman Penyelenggaraan Latsar CPNS
  • Keputusan Kepala LAN Kurikulum Latsar CPNS
  • Peraturan LAN No. 3 Tahun 2021 Tentang Penetapan Tarif Nol Rupiah Latsar

 (BKPP korpri)