Highlight

SOSIALISASI DAN PEMBEKALAN PURNA TUGAS BAGI PNS DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN DEMAK

 Demak, 30 Desember 2022 hari Jum'at Pukul 07.30 WIB Bertempat di Ruang Kelas Belimbing Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan Purna Tugas Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut di pimpin oleh Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Bapak Drs. EKO PRINGGOLAKSITO, M.Si didampingi Plt.Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Demak Ibu HERMININGSIH, S.Sos, M.Si, Perwakilan dari Bank BPD Demak dan Kepala UMKM Kabupaten Demak. 

Sosialisasi tersebut dihadiri sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) orang dan Perwakilan Penerima SK Pensiun secara simbolis bapak MUSTHOFA, S.Pd.M.Pd dan Ibu Tajem, SP. Penyerahan SK Pensiun diserahkan oleh Pj.Sekda Kabupaten Demak Bapak Drs. EKO PRINGGOLAKSITO, M.Si didampingi Plt.Kepala BKPP Kabupaten Demak, Wakil dari BPD Bank Jateng Demak dan Kepala UMKM Demak. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memperlancar proses pelaksanaan pencairan Tabungan Hari Tua (THT) Taspen dan Gaji Pertama para pensiun agar pencairannya dapat tepat waktu. Sosialisasi diikuti oleh Calon Pensiun TMT 01-02-2022.

Purna Tugas (Pensiun) adalah jaminan hari tua dan sebagai balasan jasa terhadap Pegawai Negeri Sipil yang telah bertahun tahun mengabdikan dirinya kepada Negara dan merupakan wujud penghormatan atas prestasi yang diperoleh dalam melaksanakan tugas sebagai Abdi Negara hingga batas akhir yang ditentukan. Tidak semua orang yang menyandang gelar sebagai abdi negara dapat melaksanakan tugas hingga akhir masa tugasnya atau pensiun disebabkan mengundurkan diri oleh karena kesehatan atau kepentingan pribadi maupun diberhentikan karena tidak dapat memenuhi ketentuan sebagai seorang abdi negara.

“Tidak terasa pengabdian bapak/ibu semuanya sebagai PNS di Kabupaten Demak akan segera berakhir. Kami atas nama pribadi dan Pemkab Demak mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi serta pengabdian jenengan semua kepada Demak. Kita pasti akan merasa kehilangan,” ucap Drs. EKO PRINGGOLAKSITO, M.Si.  Dalam sambutanya menyampaikan bahwa pensiun merupakan masa yang dinantikan sekaligus masa yang mencemaskan atau dapat dikatakan sedang mengalami post power syndrome. Dengan adanya kegiatan pembekalan ini maka PNS sudah dipersiapkan suatu kegiatan dalam menghadapi masa pensiun dan salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah berwirausaha.

Lebih lanjut, dia berharap agar seluruh PNS yang purna nanti tetap bisa aktif dan produktif, memberikan manfaat untuk masyarakat dan sekitarnya.

“Tidak harus dalam bentuk karya fisik, namun juga ide gagasannya untuk Demak ke depan. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” tambahnya.

(BKPP Korpri)