Highlight

Alami, Begini Cara Buat Skincare Dari Pisang

 Dimasa pandemi Covid-19 kali ini, pastinya akan merasa sedikit malas untuk melakukan perawatan kecantikan. Karena merasa banyak aktifitas diluar rumah, yang bisa dilakukan didalam rumah.

Namun, tampil cantik meskipun dirumah saja, tentu sangatlah diperlukan oleh banyak wanita di dunia. Apalagi jika membicarakan mengenai kesehatan kulitnya.

Kulit merupakan organ indera terbesar pada tubuh. Selain bertindak sebagai pelindung pembuluh darah, kulit juga membantu keseimbangan tubuh.

Namun, setiap harinya kulit kerap terpapar polusi, debu, dan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Meski banyak produk perawatan kesehatan kulit yang ditawarkan industri, namun tak ada yang lebih baik dari pada bahan alami.

Tetapi jangan sedih, kali ini anda bisa membuat serangkaian skincare hanya dari pisang. Meski bukan bahan umum dalam produk kosmetik atau perawatan kulit, namun pisang memiliki kandungan yang membantu melembutkan kulit, membuatnya terlihat lebih muda dan sehat.

Pisang kaya akan vitamin A, nutrisi yang sangat penting untuk kulit. Vitamin A membantu mencerahkan kulit kusam yang disebabkan oleh faktor eksternal. Pisang juga berkhasiat melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, serta mengurangi risiko jerawat.

Begini cara membuat skincer dari pisang, diantaranya:

1. Haluskan pisang yang telah matang di dalam mangkuk. Setelah oti, balurkan ke area wajah secara merata, hindari bagian mata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air biasa.

2. Haluskan pisang yang sudah matang. Tambahkan dua sendok makan susu bubuk. Aduk lalu oleskan secara merata, terutama pada bagian tubuh atau wajah yang kusam. Lakukan secara rutin dan lihat perbedaannya.

3. Haluskan pisang yang matang, tambahkan madu. Campuran ini bermanfaat untuk melembabkan kulit. Perawatan tersebut cocok bagi orang dengan kulit kering, terutama di musim dingin.

4. Tambahkan jus lemon dan tepung dengan pisang. Aduk rata dan aplikasikan sebagai masker wajah. Ini akan membantu mengatasi masalah pori-pori tersumbat, komedo, dan komedo putih.

5. Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan lho. Oleskan kulit pisang pada area gelap tangan dan kaki, seperti siku, pergelangan kaki, buku-buku jari, dan lainnya untuk efek mencerahkan.

6. Anda juga bisa menggunakan pisang tumbuk sebagai masker rambut.

sumber rri.co.id