Highlight

Donald Trump Soal Kim Jong Un : Senang Melihat Dia Kembali

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akhirnya memberikan komentar tentang kemunculan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.
Dalam cuitan, Sabtu (2/5/2020), Trump mengaku senang dan lega, Kim Jong Un tampak sehat dan muncul kembali ke publik.
"Aku, tentu sangat senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja," sebut Trump dalam cuitannya.
Pernyataan ini disampaikan Trump, setelah Kim Jong Un tampil kembali ke publik untuk pertama kali, setelah hampir 3 minggu tidak ada kabar dan menghilang.
Setelah ia menghilang, muncul banyak spekulasi kuat yang menyebut jika Pimpinan tertinggi Korea Utara itu sedang sakit parah atau mungkin telah meninggal.
Pada Jumat (1/5/2020), televisi pemerintah Korea Utara memperlihatkan Kim tengah berjalan, tersenyum lebar, dan mengisap sebatang rokok.
Saat itu, ia disebutkan tengah melakukan pembukaan pabrik pupuk pada Jumat di Sunchon, utara Pyongyang. Rumor tentang kesehatan Kim Jong Un banyak dibicarakan sejak ia tak muncul pada perayaan ulang tahun kakeknya, 15 April.
Kakek Kim itu adalah pendiri Korea Utara. Sehinga, hari itu adalah hari terpenting dalam kalender politik negara ini. Namun ketidakhadiran Kim di acara penting itu, lantas memicu serangkaian rumor panas dan laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kondisinya.
Hilangnya Kim dari pandangan publik juga terjadi bersamaan dengan terhentinya pembicaraan Pyongyang dengan Washington mengenai persenjataan nuklir negara itu.
Sebelumnya, Donald Trump menampik soal laporan kesehatan Kim yang buruk dan kemungkinan ia telah meninggal. Ia juga sempat menolak tentang kemunculan kembali Kim Jong Un ke publik.
sumber rri.co.id