Highlight

Buat Makanan Cina, Begini Resep Mudah Gyoza!

 Wabah pandemi Covid-19 saat ini memang membuat kita sulit untuk berwisata kuliner di suatu negara. Salah satu negara yang menjadi favorit dalam wisata kulinernya yakni Cina.

Di Cina ada sebuah makanan yang merupakan khas asli negara tersebut yakni Gyoza. Gyoza merupakan makanan khas Cina, yang bentuknya sama seperti pangsit kecil yan membedakan lebih kepada isinya.

Gyoza lebih dikenal dengan isi sayuran dan daging cincang di dalamnya. Kuliner ini cukup terkenal di Jepang dan banyak ditemukan di restoran-restoran Jepang. Biasanya, Gyoza digoreng dengan tambahan air untuk membuat kulit pangsit tetap kering sisi atas dan lembut di sisi lainnya. Rasa Gyoza semakin nikmat apabila dimakan dengan kecap asin atau saus shoyu Jepang. 

Makanan ini juga menjadi makanan yang cocok untuk anak kos atau yang tinggal sendiri karena bisa di simpan di freezer cukup lama. Jadi buat anda yang malas untuk keluar rumah apalagi harus mengexplore ke negara lain hanya untuk mencicipi Gyoza, sekarang ini anda bisa lakukan sendiri dirumah.

Berikut ini ulasan singkat resep pembuatan Gyoza dirumah:

Bahan-bahan:

  •  1/2 dada ayam
  •  3-4 batang kucai
  •  2 buah bawang putih
  •  1 sdt minyak wijen
  •  1/2 sdm saos tiram
  •  Kaldu jamur secukupnya
  •  10 sdm tepung terigu 
  •  Air suhu ruang secukupnya
  •  Tepung tapioka secukupnya
  •  Minyak untuk adonan isi dan menggoreng secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cincang ayam jangan terlalu halus supaya tetap ada tekstur. Tambahkan bawang putih yang sudah dicincang halus, kucai yang telah diiris, setengah sdt minyak wijen, saos tiram, kaldu jamur, dan garam. Aduk satu arah dengan menggunakan sumpit. Tambahkan sedikit tepung tapioka dan aduk. Setelah itu tambahkan 3 sdm minyak goreng yang telah dipanaskan. Aduk kembali sampai adonan tercampur rata. Sisihkan.
  2.  Siapkan tepung terigu. Tuang air sedikit demi sedikit dan ulen selama 5 menit. Tutup dan biarkan selama 20 menit. Ulen lagi 5 menit sampai adonan menjadi halus. Tutup dan biarkan selama 1 jam.
  3. Setelah 1 jam ulen sebentar dan pipihkan. Supaya ukuran bulatnya sama saya pakai gelas sebagai cetakan. Taburkan tapioka antara kulit supaya tidak lengket.
  4.  Isi kulit dengan adonan. Beri sedikit air pada tepi kulit supaya bisa tertutup dengan baik.
  5.  Siapkan pan anti lengket. Beri sedikit minyak goreng. Letakkan gyoza. Gunakan api kecil.
  6.  Jika sudah ke coklatan, tambahkan sedikit air dan setengah sdt minyak wijen. Tutup selama 10 menit atau sampai air mengering. Gunakan api kecil sekali.
  7.  Setelah air mengering matikan api. Selesai!